Tanya Dokter

  • Penyebab perut kembung dan BAB lembek di pagi hari

  •  Pril56
    Anggota
    Hallo dok, Sudah sekitar 2 minggu lebih saya merasa perut saya seperti sangat kembung, sering pusing , dan bab saya teratur tiap pagi tapi tidak padat seperti biasanya juga seperti mencret.saya mengurangi porsi makan karena jika saya makan perut terasa semakin kembung perut saja juga terlihat buncit dan berlipat ketika saya duduk , kira kira kenapa ya dok? Ini menganggu sekali :),

    Hallo

    Perut kembung merupakan salah satu gejala dari gangguan pencernaan.  Gejala yang umum terjadi adalah sensasi penuh, sesak, dan pembengkakakn pada bagian perut, nyeri pada perut, sendawa, buang angina secara berlebihan. BEberapa hal yang menyebabkan perut kembung adalah menelan udara baik itu saat makan atau minum air, sembelit, merokok, makan terlalu cepat, berat badan meningkat, pertumbuhan bakteri diusus yang terlalu cepat, dan infeksi pada usus. Perut kembung juga dapat terjadi pada sindrom dyspepsia atau adanya rasa tidak nyaman pada daerah perut. Selain itu, hal ini dapat terjadi pada pasien dengan intoleransi makanan, terlalu banyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian, minuman bersoda, dan gangguan usus kronis.

    Berapa kali Anda BAB dengan kondisi BAB lembek dalam sehari?

    Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi akibat konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit. Apabila biasanya Anda hanya BAB 1 hari, dan beberapa hai belakangan BAB lebih dari 3 kali dengan konsistensi encer maka dapat disebut dengan diare.

    Perut yang berlipat lebih sering dikarenakan adanya lemak pada perut. Untuk mengetahui penyebab keluhan yang Anda alami, berkonsultasilah ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemerikaan darah, pemeriksaan feses, atau endoskopi apabila diperlukan. Hindari minuman bersoda dan makanan yang telah disebutkan, hindari stress. Selain itu, apabila Anda memang mengalami diare Anda harus mengkonsumsi air atau oralit untuk mengganti cairan tubuh yang hilang lewat diare.

    Semoga bermanfaat, terimakasih