Tanya Dokter

  • Pilek yang tak kunjung sembuh dan ingus kehijauan

  • pagi dok,knapa ya pilek saya ga sembuh2 pdhal sdh lama,dan ingus sering menggumpal khijauan d dlm rongga hidung yg paling sempit,knapa itu ya dok dan bagaimana mngatasinya agar cepat swmbuh,saya sngat brharap skali mndapatkan solusi dri dokter.

    Halo Ganda, Pilek merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Pada dasarnya virus akan mati sendiri oleh daya tahan tubuh jika anda beriastirahat. Akan tetapi pada beberapa orang yang mempunyai aktifitas berlebihan dan kurang waktu untuk istirahat, daya tahan tubuh tidak kuat untuk membunuh virusnya. Jika hal ini dibiarkan, ada kemungkinan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Anda harus memeriksakan diri ke dokter spesialis THT karena ingus yang ada sudah berubah menjadi warna hijau. Ini menandakan infeksi pada hidung anda sudah menjadi infeksi bakteri. Pengobatan dengan antibiotik pada tahap ini sangat diperlukan. Jika anda diamkan terus-menerus, infeksi bakteri ini dapat menyebabkan komplikasi seperti:

    • Infeksi saluran pernapasan
    • Infeksi telinga tengah
    • Sinusitis
    Gunakan masker agar orang sekitar anda tidak tertular juga oleh anda. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang hidung. Diskusi ini mungking bermanfaat. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit