Tanya Dokter

  • Penyebab pingsan tiba-tiba

  •  Fraidy
    Anggota

    Selamat malam Dok, Saya sudah diare sejak senin pagi (dan sdh minum obat diabet,tp diare belum berkurang, selasa pagi saya ke dokter dan diberi obat, tp masih tetap diare walau frekuwensi berkurang, rabu subuh saat sholat tiba2 saya hilang kesadaran (pingsan) dan setelahnya keluar keringat dingin. Pertanyaannya apakah saya pingsan krn diare saya? (Saya juga mengkonsumsi obat tekanan darah tinggi sejak feb 2005) atau krn sebab lain? Tanda penyempitan pembuluh darah itu bagaimana? Takutnya ada masalah dr jantung saya? Terimakasih.

    Halo selamat pagi Fraidy. 

    Pingsan dapat disebabkan oleh berbagai hal:

    • Kekurangan oksigen. Misalnya karena kondisi ruangan yang kurang terbuka atau terlalu banyak orang sehingga kadar oksigen dalam ruangan tidak memadai, penyakit yang menyebabkan gangguan distribusi oksigen seperti anemia, sesak napas berat, dan lain-lain
    • Gangguan fungsi pada sistem persarafan yang mengatur detak jantung dan tekanan darah, misalnya akibat berdiri terlalu lama, stress, rasa sakit yang terjadi tiba-tiba, dan sebagainya
    • Tekanan darah yang turun mendadak 
    • Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi)
    • Kondisi rendahnya kadar gula darah
    • Gangguan jantung

     

    Pada kondisi yang anda alami, penyebabnya dapat saja akibat dehidrasi (akibat diare yang sering yang tidak diimbangi dengan konsumsi cairan yang cukup), tekanan darah yang turun mendadak akibat obat penurun tekanan darah, maupun kadar gula darah anda yang rendah akibat konsumsi obat diabetes. Kami tidak dapat memastikan penyebabnya tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, sebaiknya dilakukan pemeriksaan kepada dokter secara langsung. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan jika dibutuhkan dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan lab darah, pemeriksaan rekam jantung, dan sebagainya. Sampaikan pada keluarga bahwa jika pingsan yang anda alami menjadi berulang atau berlangsung lebih dari 1-2 menit, segera bawa diri anda ke dokter atau unit gawat darurat terdekat.

    Perihal penyempitan (penyumbatan) pembuluh darah jantung, adalah berkurangnya ukuran diameter pembuluh darah di jantung akibat penumpukan plak, lemak, dan kolestrol di dalam pembuluh darah, sehingga aliran darah tersumbat dan mengganggu pasokan darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh darah jantung yang masih tergolong kecil secara umum tidak memberikan tanda dan gejala yang signifikan, namun jika pembuluh darah sudah benar-benar menyempit, terhalang, atau bahkan pecah maka dapat menyebabkan serangan jantung ataupun stroke. Gejala penyumbatan pembuluh darah jantung yang umum dialami antara lain sakit dada seperti ditindih benda berat, dada seperti diremas, menjalar hingga ke lengan kiri, punggung, maupun rahang kiri. Selain itu, gejala penyempitan pembuluh darah tersebut juga dapat disertai dengan keluhan penurunan kesadaran (pingsan), mual, muntah, berkeringat, pusing, dan sebagainya. 

     

    Sekian, semoga membantu. 

    Salam, dr. Denisa