Tanya Dokter

  • Plasenta previa yang menutupi jalan lahir

  •  Vannie
    Anggota

    dok saya ingin tanya.. 1 bulan yg lalu saya cekup uSg katanya plasenta saya menutupi jalan lahir..dan di sarankan cek USG lagi saat UK & bulan tapi alhamdulillah sejauh ini kehamilan saya tiddak ada keluhan seperti pendarahan yg biasa di alami oleh bumil yg terkena plasenta previa..hanya saja gejala keputihan yg banyak dan memnganggu sekali.. yg ingin saya tanya apakah posisi Plasenta itu masih bisa berubah dan tidak menutupi jalan lahir..?? apakah ada tips nya... jujur saja kanra saya ingin lahiran secara normal tidak melalui operasi apapun.. mohon jawabannya dok..Terimakasih !

    Vannie  dr. Rico N
    Dokter

    hai Vannie, Plasenta previa atau ari-ari yang menutupi jalan lahir, yaitu serviks/ leher rahim, merupakan salah satu penyebab terjadinya perdarahan selama trimester ketiga/ >22 minggu. Normalnya, selama masa kehamilan, rahim akan berkembang dan plasenta melebar ke arah atas, mejauhi serviks. Apabila usia kehamilan masih memasuki trimester pertama atau kedua, letak plasenta yang di bawah masih terdapat kemungkinan bergeser ke atas, sesuai dengan perkembangan normal plasenta yang disebutkan di atas. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemantauan berkala ke dokter spesialis kandungan untuk mengamati perubahan letak plasenta . Plasenta previa sendiri dapat dibedakan menjadi 4, yaitu :

    1. plasenta letak rendah - terletak di bagian bawah rahim tanpa menutupi lubang serviks
    2. plasenta mencapai lubang serviks bagian dalam, tetapi tidak menutupinya
    3. plasenta menutupi sebagian serviks
    4. plasenta menutupi seluruh lubang serviks
    Plasenta previa kategori 1 dan 2, masih memungkinkan untuk melahirkan secara normal di bawah pengawasan dokter spesialis kandungan dan di rumah sakit yang memiliki fasilitas operasi caesar. Sedangkan kategori 3 dan 4 harus menjalani operasi caesar. Berkonsultasilah mengenai hal ini kepada dokter spesialis kandungan yang memeriksa Anda. Terkait keputihan selama kehamilan, sebaiknya juga dikonsultasikan dengan dokter spesialis kandungan. Keputihan selama kehamilan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran. Berikut adalah beberapa tautan terkait : Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto