Tanya Dokter

  • Pola tidur bayi usia 2 bulan yang sering terbangun

  •  Alcisani
    Anggota

    Dok, bayi saya usia 2bulan 5hari, sejak 2 hari ini dari pagi smp malam jam 7 kalau minum asi langsung bobo pulas tapi saat puting dicabut bangun lg, begitu terus. Tapi kalau malam jam 9 setelah minum asi langsung bobo smp pagi jam 3. Apakah ini fase growth spurt dok?bahaya tidak y buat bayi saya dengan jam tidur seperti itu?terima kasih

    Halo Alcisani, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Bayi berusia 2 bulan normalnya akan tidur selama 14-17 jam sehari, yang terbagi atas 8-13 jam tidur di malam hari, dan 4-6 jam tidur di siang hari. Tidur di siang hari ini biasanya akan terbagi dalam 3-4 kali tidur masing-masing berkisar 30 menit sampai 2 jam. Bayi hanya dapat bertahan bangun sekitar 1-2 jam saja. Pada saat sedang mengalami growth spurt atau periode pertumbuhan cepat, bayi bisa tidur lebih lama dari biasanya.

    Membiarkan bayi tertidur saat menyusu sebenarnya tidak disarankan karena dapat membawa beberapa dampak negatif, misalnya:

    1. nutrisi bayi tidak tercukupi karena menyusu hanya sedikit dan sudah tertidur
    2. bayi menjadi tidak bisa tidur sendiri tanpa disusui
    3. bayi sering terbangun-bangun karena tidak bisa tertidur sendiri bila tidak disusui
    4. kesulitan saat akan melakukan penyapihan ASI
    5. meningkatkan risiko karies gigi

    Untuk mengatasi bayi anda yang terbangun saat berhenti disusui, anda dapat mencoba untuk berhenti membiasakan bayi anda tidur saat menyusu. Beberapa hal yang dapat anda coba lakukan:

    1. Geser waktu menyusui bayi, susui bayi saat bayi baru bangun tidur
    2. Bangunkan bayi bila bayi tertidur saat menyusu.
    3. Anda dapat membuka baju bayi saat disusui agar bayi tetap terbangun.
    4. Jangan menggendong atau menimang bayi sampai bayi tertidur nyenyak baru diletakkan di tempat tidurnya. Timang bayi hingga bayi mengantuk, lalu letakkan bayi di tempat tidur agar bayi dapat tidur sendiri.
    5. Anda dapat membantu dengan menepuk lembut atau mengelus dada bayi agar bayi tertidur sendiri.
    6. Bila bayi menangis saat diletakkan, jangan langsung digendong kembali, melainkan cobalah tenangkan dengan nyanyian lembut atau desisan lembut sambil menepuk atau mengelus dada bayi hingga bayi tidur sendiri.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia