Tanya Dokter

  • organ yang di potong pada operasi hernia

  •  Rayka Rubiyah
    Anggota
    Siang dok... Sy mau tanya dok,sy kn pernh operasi hernia,setelah operasi sy diksh liat dikantong plastik kecil ada sepotong daging kecil,bentuknya bulet terus ditengahnya ada lobangnya.yg jd pertanyaan ada lah,itu daging bagian apa ya dok? Ko operasi hernia ada yg dipotong sm dokter.terus klu hernia itu robek lg,kemungkin dokter bakal ksh liat potongan itu lg g dok? Tolong jwb 2 pertanyaan sy ya dok.trmksh bnyak dok😊

    Halo, terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter.

    Hernia adalah suatu kelainan di mana bagian tubuh terselip / pindah ruang ke sebelahnya, melalui suatu pintu yang lemah pertahanannya. Hernia bisa terjadi di berbagai macam tempat. Contoh pada saluran pencernaan, usus terselip melalui celah antara otot yang lemah, celah tersebut membentuk cincin yang menjepit usus; hernia lambung di mana lambung bergeser ke rongga dada , masuk melalui celah yang menjepit lambung. Hernia yang paling sering terjadi adalah usus yang terdorong keluar melalui celah otot perut bawah sehingga membentuk benjolan pada selangkangan. Selain usus, lemak dinding perut juga bisa terdorong dan terjepit.

     

    Dokter ahli bedah mempertimbangkan pemotongan apabila bagian yang terdorong dan terjepit tersebut rusak / mati. Jepitan yang terjadi menghambat aliran darah sehingga jaringan menjadi mati. Apabila tidak dilakukan pemotongan, maka dapat terjadi infeksi berat.

     

    Kemungkinan besar daging yang anda maksud adalah jaringan mati yang dipotong oleh dokter bedah agar tidak menjadi infeksi. Mengenai asal jaringan tersebut lebih baik anda menanyakan langsung kepada dokter yang mengoperasi anda. Apabila yang terjadi hernia usus, bisa saja jaringan tersebut adalah bagian usus yang mati / rusak; apabila lemak dinding perut yang terjepit dan rusak, bisa saja jaringan tersebut adalah gumpalan lemak; tergantung jenis organ apa yang menjadi hernia pada anda. 

    Jaringan yang pernah dioperasi, kekuatan maksimal setelah penyembuhannya adalah 75% jaringan yang belum pernah dioperasi. Oleh karena itu dokter bedah memberi tahu kepada anda kapan anda harus kontrol, aktifitas apa yang boleh / tidak boleh anda lakukan selama pemulihan, aktifitas apa yang harus anda waspadai atau bahkan hindari. Pada umumnya, selama masa pemulihan, 1 bulan pasca operasi anda tidak diperbolehkan beraktifitas berat, dan 6 bulan pertama harus berhati-hati karena selama masa itu terjadi penyembuhan dan penguatan jaringan bekas luka.

     

    Apabila terjadi hernia lagi, anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter agar segera dapat diambil tindakan dan jaringan yang terjepit tidak rusak / mati sehingga tidak perlu dilakukan pemotongan, hanya dikembalikan ke tempat semula, serta memperkuat titik lemah. Namun sebaiknya anda mencegah hal tersebut terjadi dengan rutin kontrol sesuai anjuran dokter bedah, menghindari aktifitas fisik yang terlalu berat, berhati-hati apabila beraktifitas atau berkendara.

    Artikel mengenai hernia berikut dapat menambah wawasan anda, silahkan dibaca.

     

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.