Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil saat hubungan intim di masa tidak subur

  •  Nita Rahayu
    Anggota
    Maaff Dok Saya Mah tanyaa,, apakah benar Pembuahan (ovulasi) hanya terjadi 1 kali dalam sebulan? Dan jika Hubungan Saat Sedang Tidak Subur Apakah Ada Kmungkinan Hamil Dok? Mohon di jawab Bun..

    Halo Nita Rahayu, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Ovulasi berbeda dengan pembuahan. Ovulasi adalah pelepasan sel telur (ovum) dari kandung telur (ovarium), sementara itu pembuahan adalah proses bersatunya sel telur (ovum) dengan sperma. Ovulasi memang terjadi hanya 1 kali dalam 1 bulan. Ovulasi biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum perkiraan tanggal menstruasi berikutnya.

    Masa subur adalah masa dimana bila hubungan seksual dilakukan, kesempatan terjadinya kehamilan cukup tinggi. Masa subur diperkirakan dengan menghitung waktu ovulasi terlebih dahulu. Biasanya masa subur berkisar antara 3 hari sebelum hingga 3 hari sesudah ovulasi terjadi.

    Kemungkinan terjadinya kehamilan bila melakukan hubungan seksual di luar masa subur sangat kecil. Hal ini disebabkan oleh hal-hal berikut:

    1. Ovum hanya dapat bertahan selama 12-24 jam setelah dilepaskan dari kandung telur. Setelah 24 jam, ovum akan berubah bentuk dan tidak dapat dibuahi lagi.
    2. Sperma hanya dapat bertahan selama 3-4 hari di dalam rahim wanita. Setelah 3-4 hari, sperma ini akan mati dan tidak akan bisa membuahi lagi, lalu akan keluar bersama cairan vagina.

     

    Perlu anda ingat bahwa siklus menstruasi seorang wanita bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi hormonal tubuhnya. Kadang menstruasi dapat terjadi lebih cepat atau lebih lambat. Hal ini juga akan mengubah waktu terjadinya ovulasi. Oleh karena itu memperkirakan masa subur dengan perhitungan menstruasi seringkali tidak akurat, terutama pada wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia