Tanya Dokter

  • Rasa nyeri dan susah BAK setelah lepas kateter pada penderita BPH

  •  UchiLestari
    Anggota

    Selamat sore dok. Saya mau tanya. Kakek saya saat ini sedang mengalami prostat. Sudah diberi tindakan kateterisasi oleh dokter selama 14 hari. Setelah itu dilakukan up kateterisasi tetapi setelah itu kakek saya merasakan nyeri dan susah untuk buang air kecil kembali. Tindakan seperti apa sebaiknya kami lakukan? Apakah dibawa kembali ke dokternya atau bagaimana untuk perawatan up kateterisasi nya? Terima kasih

    UchiLestari  UchiLestari
    Anggota

    Dok, maaf pertanyaan saya belum di balas.

    Halo

    Mungkin yang anda maksud adalah pembesaran prostat atau benign prostat hyperplasia (BPH). Kondisi tersebut disebabkan adanya pembesaran pada prostat yaitu sebuah organ pada pria yang terletak di sekitar kemaluan bagian dalam yang salah satunya memiliki fungsi dalam memproduksi cairan ejakulasi.

    Pada usia yang tua, memang ada kecenderungan seorang pria mengalami pembesaran pada prostat. Namun ada juga keadaan lain yang menjadi penyebab prostat membesar seperti infeksi atau mungkin keganasan.

    Ada baiknya anda memeriksakan kakek anda kembali ke dokter anda. Bisa jadi nantinya akan dilakukan evaluasi ulang dan pemeriksaan lanjutan seperti darah, radiologi dan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan dilakukan terapi yang sesuai. Bisa jadi juga nantinya kakek anda akan dirujuk ke dokter spesialis yang lebih ahli sesuai dengan keadaan yang dialami kakek anda.

    Semoga membantu.