Tanya Dokter

  • Bintik merah dibawah mata, dagu, hidung dan pipi setelah menggunakan skin care

  •  rere09
    Anggota

    Hi dok selamat malam aq baru ganti skincare ke Kiehls yg katanya sih Alami gtu , sebelumnya aq pake skincare dari dokter kulit tp Ada beberapa cream mlm yg g Boleh d pakai jika hamil,,setelah aq pake kiehls 3 bulan baru Ada tanda2 merah beruntus gtu kaya calon jerawat n aga gatel jg dok ,aku Ada merah2 yg paling keliatan sih sekitar bawah mata dagu n hidung klo d pipi sih Ada 1 atau 2 gtu dok ga gatel cman yg area hidung n bawah mata aga gatel ,, klo masalah aq kaya gini tandanya purging atau breakout ya dok ??? Mksh

    Selamat siang, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Istilah purging dan breakout memang masih belum menjadi istilah yang umum didengar dan untuk membedakannya pun masih tidak mudah untuk dilakukan. Istilah ini biasanya dipakai ketika seseorang mencoba menggunakan kosmetik atau perawatan wajah yang belum pernah dipakai sebelumnya.

    Secara sederhana, purging adalah kondisi ketika kulit Anda masih menyesuaikan dengan produk baru tersebut, dan breakout adalah tanda ketika Anda tidak cocok dengan produk itu dan sebaiknya mengganti serta tidak menggunakannya lagi.

    Purging terjadi karena pada beberapa kosmetik tertentu, ia bekerja dengan mempercepat regenerasi atau 'penggantian' kulit sehingga kemungkinan untuk ada pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan gejala jerawat menjadi meningkat. Namun seiring berjalannya waktu kondisi ini akan membaik dengan sendirinya dan gejala tersebut tidak akan muncul kembali.

    Breakout terjadi karena memang kulit Anda tidak cocok dengan bahan tersebut dan memunculkan gejala berupa jerawat, bisul, kulit kemerahan, nyeri, bengkak dan meradang. Meskipun nampaknya lebih parah, namun pada kenyataannnya membedakan kedua kondisi ini tidak mudah.

    Namun pada kasus Anda, dimana Anda sudah mengenakannya 3 bulan, nampaknya hal ini bukanlah purging ataupun breakout. Karena biasanya kondisi ini langsung Anda alami dan pada purging, akan membaik setelah 1 bulan pemakaian pertama. Saran kami konsultasikan kembali mengenai hal tersebut pada dokter kulit atau dokter kecantikan Anda, agar bisa dilakukan pemeriksaan langsung dan Anda mendapat diagnosis serta penanganan yang tepat. Semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa