Tanya Dokter

  • Penyebab pusing melayang ketika menunduk

  • Dok apa penyebab pusing serasa melayang apa lagi ketika kepala nunduk atau bdn bungkuk hanya pada saat diam saja baru reda pusingnya. Saat berjalan aja kurang seimbang rasanya.

    Halo, terima kasih atas kepercayaan anda kepada Alodokter. 

     

    Keluhan kepala pusing melayang disertai berkurangnya keseimbangan saat berjalan dapat didasari oleh berbagai kelainan, di antaranya adalah :

    1. Tekanan darah cenderung rendah. Ada sebagian kecil orang-orang yang tekanan darahnya cenderung di bawah 100 untuk sistole. Keluhan berupa sering pusing dan pandangan menjadi gelap, terutama saat berubah posisi dari duduk ke berdiri, atau dari tiduran ke duduk atau berdiri.

    2. Anemia atau disebut juga kurang darah. Penyebab paling sering adalah kurangnya asupan zat besi. Penyebab lainnya seperti penyakit keturunan thalasemia, infeksi kronis, perdarahan, proses autoimun.

     

    3. Vertigo, yaitu sensasi kepala berputar atau bergoyang. Penyebab pasti vertigo hingga saat ini belum diketahui. Namun vertigo dapat dibedakan apakah berasal dari telinga dalam atau bukan. Bila berasal dari telinga dalam, keluhan berupa pusing berputar hebat disertai mual muntah. Jika bukan berasal dari telinga dalam, keluhan berupa pusing bergoyang, tidak terlalu berat, jarang menyebabkan mual muntah.

     

    Anda tidak perlu khawatir karena kelainan-kelainan di atas dapat ditangani. Anda sebaiknya memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan terdekat agar dapat diperiksa langsung. Setiap kemungkinan yang dijelaskan berbeda penanganannya.

     

    Beberapa tips yang dapat anda kerjakan di rumah antara lain :

    1. Berhati-hati apabila merubah posisi kepala. Sebaiknya jangan mengubah posisi kepala mendadak.

    2. Berolahraga secara teratur.

    3. Makan makanan dengan gizi seimbang.

    4. Mengonsumsi obat mual yang dijual bebas apabila disertai keluhan mual muntah.

    5. Mengurangi minum teh.

    6. Cukup istirahat.

     

    Artikel berikut dapat anda baca untuk menambah wawasan anda. 

     

    Sekian penjelasan kami, semoga membantu anda, terima kasih.