Tanya Dokter

  • Penyebab pusing, keringat dingin dan hasil hb serta sel darah merah dibawah normal

  •  Solikah
    Anggota

    Saya mau tanya dok.. akhir" ini sering pusing kadang smpe ada keringat dingin.. Nah barusan saya cek lab kan hasilnya hemoglobin 9,4 erytrosit 3.13 leukosit 5.800 led 37 trombosit 252.000 hematokrit 28.0 mcv,mch,mchc normal... Kemudian s.paratyphi b-o positive 1:80 Salmonella typhi H pisitve 1:160 Anti-dengue IgG positive... Yg saya tanyakan apa sakit yg saya alami dok... Sedgkan kalau untk ke db saya tdk merskn ciri"nya... Kadang perut saya juga ikutan skit..dulunya sih pernah opnam karena indikasi infeksi saluran cerna... Terima kasih sebelumnya dok atas jawabannya.. Salam sehat

    Halo, Solikah, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Sering pusing dan keringat dingin dapat menandakan adanya penyakit yang mendasari, misalnya:

    1.     Anemia (kekurangan sel darah merah dan Hb)

    2.     Hipoglikemia / kurangnya kadar gula dalam darah

    3.     Hipotensi (tekanan darah rendah)

    4.     Vertigo yang bisa disebabkan karena ada gangguan pada telinga maupun otak

    5.     Gangguan jantung

    Menurut hasil laboratorium Anda, hasil Hb (hemoglobin) dan sel darah merah (eritrosit) Anda berada di bawah normal (normalnya untuk wanita dewasa: hemoglobin 12-16 gram/dL) , menandakan Anda sedang dalam keadaan anemia. Anemia pun merupaka suatu kondisi yang harus ditangani dan dicari penyebabnya. Penyebab anemia ada bermacam-macam, misalnya:

    1.     Kurang nutrisi (misalnya kurang zat besi, asam folat, dan vitamin B12)

    2.     Penyakit kronis tertentu, misalnya gagal ginjal, radang kronis pada lambung atau saluran cerna. Peradangan lambung (gastritis) dan tukak lambung memiliki gejala mual/muntah, nyeri ulu hati, sering bersendawa, atau tidak nyaman pada perut atas.

    3.     Perdarahan (misalnya kecelakaan, menstruasi)

    4.     Gangguan sumsum tulang

    5.     Infeksi misalnya malaria

    6.     Kondisi autoimun

    7.     Reaksi alergi

    8.     Kelainan bawaan (misalnya: Thalassemia)

    9.     Pengaruh obat-obatan atau zat tertentu

    Untuk menentukan penyebab anemia, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti profil besi hingga apusan darah.

    Menurut hasil lab mengenai infeksi (parameter S.typhi dan IgG dengue) belum menunjukkan ada tanda infeksi tifoid atau dengue secara pasti. IgG dengue positif hanya menunjukkan Anda pernah terinfeksi dengue (infeksinya lampau). Namun perlu diketahui bahwa untuk menentukan diagnosis tertentu, tidak bisa hanya dengan membaca hasil laboratorium saja, namun juga harus dengan data dari riwayat penyakit pasien, pemeriksaan fisik langsung, serta pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan. Untuk itu, konsultasikan pada dokter Anda mengenai kondisi Anda yaa agar didapatkan terapi yang sesuai dengan kondisi Anda.

    Untuk menunjang penyembuhan, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

    1.     Cukupi kebutuhan nutrisi terutama makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B12, misalnya sayuran hijau dan daging merah

    2.     Cukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan minum minimal 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan aktivitas

    3.     Sebaiknya istirahat dahulu (tidak bekerja, tidak bermain, kurangi berpikir yang melelahkan) dan pergi ke dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat

    4.     Jika akan berganti posisi sebaiknya perlahan-lahan. Misalnya dari tidur ke berdiri, sebaiknya bertahap: tidur- miring selama beberapa detik – duduk selama 30 hingga 1 menit – baru berdiri perlahan.

    Jika merasa sangat lemas, pusing bertambah parah, nyeri perut bertambah parah, muntah-muntah, pucat, sesak, akan pingsan, segeralah ke dokter atau pelayanan medis terdekat.

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.