Tanya Dokter

  • Pusing setelah memakai kacamata minus

  •  hoiriyyaa
    Anggota

    Malam dok. Saya Alfi. Ingin bertanya, saya sudah lama memakai kacamata minus yg ukurannya hampir -3, beberapa hari kebelakang saya sering merasa pusing saat memakainya. Hidung saya juga jadi gak karuan rasanya, saya juga punya polip sih, tp skrg jarang kambuh. Nah, karena itu saya jadi sering merasa mual karena pusing ini. Yang saya takutkan adalah, minus saya yang bertambah ini dengan kacamata yang sudah tidak cocok bisa berpengaruh dengan penyakit polip saya? Efek rasa pusingnya juga lumayan lama, bisa sampai 5 menit.
    Kemudian cara mengatasi rasa mual ini bagaimana? Karena saya belum mampu beli lagi kacamata yang baru ehehehe. Terima kasih, dok. :)

    Salam,

     

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan pusing dan mual yang Anda alami kemungkinan dapat dipicu oleh kacamata yang sudah tidak sesuai ukurannya lagi. Sehingga kemungkinan nilai minus kacamata Anda dapat meningkat ataupun menurun, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk evalausinya.

     

    Adanya perubahan nilai kacamata ini secara umum tidak mempengaruhi polip Anda, sehingga keluhan pada hidung Anda dapat disebabkan oleh kondisi lain, sepeti awal gejala flu, kelelahan fisik atau tidru larut malam.

    Keluhan mual  yang Anda alami dapat dibantu dengan memenuhi kebutuhan kalori dan gizi yang cukup untuk Anda, jangan terlambat makan, dan hindari makanan pedas,mie, bakso,kopi, nasi goreng, dan minuman instan. Dengan demikian, keluhan mual ini tidka semakin mengganggu Anda.

    Selain disebabkan oleh perubahan nilai minus, beberapa kondisi di bawah ini juga dapat menyebabkan keluhan pusing dan mual, seperti:

    1.kelelahan fisik

    2.tidur larut malam.

    3. tekanan darah yang tidak normal

    4. gangguan pencernaan, seperti diare

    5. anemia

    5. stres atau cemas

    Oleh karena itu, untuk memastikan semua kemungkinan penyebabkeluhan ini, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter mata Anda untuk evalausi tajam penglihatan Anda. Dokter akan melakukan evalausi visus untuk memastikan penyesuaian nilai minus Anda.

    Bila harus mengganti lensa, maka Anda dapat mengganti lensanya saja tanpa harus mengganti framenya, dan Anda dapat mencari optik yang dapat memenuhi budget Anda.

    Bila Anda mempunyai BPJS, maka BPJS dapat menkover beban kacamata Anda sesuai plafonnya.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga rabun-jauh.

    dr.Ulfi