Tanya Dokter

  • Puting Payudara Berbeda Sebelah

  •  cathycat
    Anggota
    Helo dok, umur saya 22 thn ini. Saya punya keluhan dibagian puting saya yang mana sebelah kiri puting tidak keluar sedangkan yang kanan menonjol keluar (Unilateral Inverted) ini mengganggu "look" buat saya karena saya akan menikah. Dan saya sudah melakukan saran (artikel/orang) untuk menarik2 lembut puting yang kedalam itu, tetapi hasilnya akan kembali sama seperti semula. Yang ingin saya tanyakan apakah bisa bagian yang tidak menonjol itu menjadi sama seperti sisi sebelahnya? Jika ada kemungkinan dilakukan operasi akan memakan waktu berapa lama? Terima kasih.

    Halo Cathycat,

    Keluhan bentuk puting yang inverted memang bagi wanita sangat tidak nyaman, terutama secara estetika. Saat ini apakah anda surat rutin melakukan tarikan-tarikan lembut pada puting yang masuk ke dalam? Apakah belum ada perubahan yang bermakna?

    Kondisi ini dapat disebabkan2 hal yaitu sejak lahir dan penanda penyakit tertentu. Biasanya bila merupakan penanda dari suatu penyakit, maka akan disertai dengan keluhan lainnya seperti permukaan seperti kulit jeruk, keluar cairan dari puting, terdapat benjolan dan nyeri. Sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab dari kondisi puting inverted. Setelah itu akan dilakukan terapi sesuai dengan penyebabnya. Dokter yang dapat anda kunjungi yaitu dokter spesialis bedah atau dokter spesialis bedah plastik.

    Tindakan operasi biasanya dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuk puting tetapi harus dengan anjuran terapi dari dokter terlebih dahulu. Untuk lamanya operasi berlangsung sesuai dengan kondisi puting tersebut, begitu juga untuk pemulihannya sesuai dengan perawatan post operasi yang baik, asupan gizi seperti protein yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan ada atau tidaknya riwayat penyakit yang dapat memperlama proses penyembuhan seperti diabetes.

    Sekian penjelasan dari saya. Semoga membantu ya. Terima kasih.

    Salam, dr.Valan Tauran