Tanya Dokter

  • Kemampuan verbal, motorik dan memori menurun setelah terkena radang jaringan otak

  •  Maraes
    Anggota
    Selamat Sore Dok.. Saya mau bertanya, adik saya sempat merasakan sakit kepala luar biasa, akhirnya dirujuk ke RS dan mendapatkan penanganan dokter syaraf. Setelah melalui CT Scan, hampir semua normal, namun didiagnosa ada gejala cerebritis. Setelah opname beberapa hari, sakit kepala sudah menghilang, namun ada kendala dalam berbicara.. Ketika ditanya, jawaban hanya kata-kata pendek, berulang-ulang, dan kadang tak jelas. Sepertinya juga ada loss memory. Beberapa kemampuan seperti menulis dan mengingat juga menurun. Pertanyaan saya Dok, apakah kemampuan verbal, motorik dan memori adik saya bisa pulih seperti sediakala lagi? Terima kasih.

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Sebelumnya kami turut prihatin atas kondisi yang dialami adik Anda. Cerebritis adalah infeksi yang terdapat pada otak yang dapat menyebabkan penumpukan nanah atau abses dalam otak itu sendiri. Kondisi ini merupakan radang pada struktur otak yang berperan dalam melakukan banyak hal penting seperti berbicara dan mengingat.

    Mengenai pertanyaan Anda apakah kemampuan adik Anda bisa kembali normal seperti sebelum sakit, sebenarnya sangat sulit untuk dijawab oleh kami yang tidak melihat langsung kondisi adik Anda dan tidak mengetahui seberapa parah kondisi cerebritis yang adik Anda alami.

    Sebagai gambaran, banyak anggota tubuh yang dapat pulih setelah mengalami kerusakan, seperti kulit yang luka, tulang yang patah, otot yang robek, dan lain sebagainya. Namun diantara semua itu, sistem saraf, termasuk didalamnya adalah otak, adalah yang paling sulit atau yang paling lama sembuh. Dan hal ini pun juga tergantung lagi seberapa parahnya. Bila memang sudah luas, pemulihan menjadi hal yang sangat sulit.

    Namun bila adik Anda kemarin itu cepat tertangani, dalam artian cerebritisnya tidak terlambat didiagnosis dan tertangani sebelum abses terbentuk, maka setelah sembuh ada kemungkinan kondisinya bisa membaik, dan mungkin dibutuhkan bantuan rehabilitasi untuk mengembalikan kondisinya, meskipun tidak sempurna.

    Sehingga untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti, saran kami tanyakan langsung pada dokter saraf yang merawat adik Anda. Tanyakan padanya mengenai kemungkinan tersebut dan apa yang Anda sebagai keluarga dapat lakukan untuk membantu proses penyembuhannya atau mencegah keparahannya. Semoga adik Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa