Tanya Dokter

  • Mengatasi gatal dan bercak pada kulit lansia

  •  Variani Lim
    Anggota

    selamat pagi dok,

    Dok,Mertua saya sudah berumur 77 tahun. Mengalami gatal dan bercak di kulit di seluruh badan dari kulit kepala sampai kaki. Sementara memang ada konsumsi obat pengecer darah karena katub jantung bermasalah. Udah keluar masuk rumah sakit berkali-kali tapi sakit kulitnya sering kambuh.mohon dokter bantu referensi dokter-dokter kulit berpengalaman di seluruh indonesia. Terima kasih sebelum dan sesudahnya dok... wasalam

    Halo Variani,

    Terima kasih sudah bertanya kepada tim alodokter

    Orang lanjut usia sering kai mengalami masalah kulit, baik disebabkan infeksi, adanya masalah pada organ tertentu yang menyebabkan manifestasi pada kulit, dsb. Beberapa kemungkinan penyebab masalah pada kulit antara lain adalah :

    • Alergi. Sebagian orang memiliki kulit yang sensitif, adanya konsumsi bahan makanan tertentu ataupun adanya paparan produk tertentu pada kulot dapat menimbulkan reaksi alergi yang menyebabkan gatal dan bercak.
    • Infeksi bakteri. Berbagai jenis pyoderma mengakibatkan keluhan kulit yang biasanya disertai dengan adanya nanah.
    • Infeksi virus. Berbagai jenis infeksi virus dapat menyerang lansia yang daya tahan tubuhnya sudha sangat menurun. Salah satu contohnya adalah HHV (human herpes virus) yang diduga menyebabkan kondisi pytiriasis rosea.
    • Infeksi jamur. Infeksi jamur dapat terjadi pada seluruh permukaan tubuh, yang disebut dengan tinea.
    • Masalah pada organ. Masalah pada organ ginjal maupun liver (hati) dapat menyebabkankeluhan pada kulit, dari mulai kulit yang  gatal, kering, mengelupas, ruam hingga adanya desposisi zat tertentu dibawah lapisan kulit. Pada kondisi ini organ yang sakitlah yang harus ditangani, sedangkan keluhan pada kulit hanya dapat dikurangi gejalanya saja.
    • Penyakit autoimun. Pada kondisi autoimunitas misalnya SLE, seseorang sering kali mengalami berbagai manifestasi pada kulit yang menyebabkan bercak.

    Untuk menangani kondisi yang sudah terjadi berulang ini, perlu dilakukan pemeriksaan oleh seorang dokter spesialis kulit. Sayangnya kami tidak dapat memberikan daftar nama dokter dalam situs ini, hanya saja saya sarankan Anda untuk mencari tahu dirumah sakit sekitar tempat Anda tinggal mengenai ketersediaan dan jadwal dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) yang sesuai. Pada dasarnya setiap dokter kulit yang telah menyelesaikan pendidikan  seharusnya memiliki kompetensi mengenai berbagai jenis penyakit kulit yang ada di masyarakat, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Selain anamnesis dan pemeriksaan fisik mungkin diperlukan rangkaian pemeriksaan penunjang seperti tes alergi (skin prick test), pemeriksaan mikroskopik dari swab lesi kulit, hingga pemeriksaan lab dari fungsi organ. Karena Ayah Anda memiliki riwayat penyakit jantung, harus dipastikan pula bahwa obat yang diberikan tidak memiliki interaksi dengan obat yang saat ini dikonsumsi dan tidak merupakan kontraindikasi.

    Sekian, semoga bermanfaat dan silahkan bertanya kembali apabila masih ada yang kurang jelas.

    Dr. Siti Rahmayanti

     

    Dr. Siti Rahamayanti