Tanya Dokter

  • Apakah tetap perlu sabun muka meski tidak jerawatan?

  • Dok muka saya bersih tanpa memiliki jerawat karna saya tidak memakai sabun pencuci muka atau bahan kosmetik lainnya, tapi kata temen saya, tidak menggunakan sabun pencuci muka itu menyebabkan kotoran menumpuk diwajah maka dari itu jerawat tidak tumbuh di wajah, apakah itu benar dok ?

    Hai Farid, Jerawat merupakan masalah yang sering dihadapi oleh sebagian orang. Peningkatan presentasi tumbuhnya jerawat pada masa pubertas akan semakin tinggi. Karena pada masa pubertas terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan. Namun jerawat juga dapat disebabkan oleh faktor menstruasi, keturunan, dan obat-obatan. Memakai sabun muka atau tidak sebenarnya tidak terlalu berpengaruh kecuali bagi orang yang memakai kosmetik diperlukan sabun agar wajah yang dibersihkan bebas dari sisa-sisa kosmetik. Namun jika tidak memakai kosmetik efek sabun tidak akan banyak dirasakan.   Jerawat terjadi ketika lubang-lubang kecil pada kulit yang disebut dengan folikel bulu mengalami penyumbatan. Folikel tersebut merupakan tempat asal tiap helai rambut tumbuh. Rambut dan kulit akan dilembabkan oleh kelenjar sebum yaitu kelenjar yang melekat pada setiap folikel rambut. Jika folikel rambut tersebut mengalami penyumbatan akibat bercampurnya sel kulit mati serta kotoran dengan sebum yang melebihi kebutuhan rambut maka akan sangat mungkin terjadi jerawat. Jerawat yang tumbuh bisa diperparah oleh bakteri yang menempel pada kulit.   Ada beberapa pemahaman yang salah tentang jerawat, seperti:

    • Seseorang akan tertular oleh jerawat yang dialami oleh orang lain
    • Meremas komedo adalah cara terbaik menghilangkan jerawat
    • Aktivitas sesksual dapat memperngaruhi jerawat
    • Jerawat disebabkan pola makan yang buruk
    • Kebersihan yang buruk atau kulit yang kotor dapat menyebabkan jerawat
    • Berjemur daapt mengobati jerawat
    Dari informasi di atas sebaiknya anda jangan salah kaprah lagi mengenai jerawat. Bahwa jerawat tidaklah disebabkan oleh kotoran dari luar kulit namun lebih banyak disebabkan oleh faktor dari dalam seperti hormon dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Jerawat Memilih sabun sesuai kebutuhan kulit Semoga membantu dr.Yosephine U L Simanungkalit