Tanya Dokter

  • Sakit dada dan dada

  •  Çhå
    Anggota

    assalamu'alaikum dok, awalnya saya merasakan sakit pada perut saya dan saya kira maag saya kambuh, setelah saya minum obat maag rasa sakit di perut saya mulai berkurang karna obat sudah habis saya putus kan untuk membeli obat yang sama di apotik, namun obat yang saya maksud tidak ada atau sudah habis, apoteker menyarankan beberapa obat yang gunanya sama dg obat yang akan saya beli, saya pun memilih salah satu obat yang disarankan, sampai dirumah saya segera minum obat, berselang waktu 2 sampai 3 jam dada kiri saya terasa sakit bahkan terasa sangat sakit seperti di tekan benda berat dan kadang seperti di tusuk-tusuk apa kah yang saya alami ? Dan apa hubungannya dengan penyakit maag yang saya derita ?

    Halo,   Sakit pada dada bisa diakubatkan karena beberapa kondisi yakni :

    1. Efek samping obat tertentu.
    2. Dispepsia
    3. Asam lambung
    4. Gangguan jantung = angina/ serangan jantung, perikarditis, miokarditis, dll.
    5. Gangguan paru = pleuritis, pneumonia, pneumothorak dll.
    6. Gangguan otot
    7. Dll.
    Untuk memastikan penyebab kondisi Anda maka pemeriksaan secara langsung oleh dokter akan diperlukan. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes medis terkait seperti Rontgen, tes darah, Endoskopi, USG dll jika diperlukan. Dengan mengetahui sumber penyakit Anda maka pengobatan bisa diberikan. Untuk mengurangi nyeri dada Anda bisa melakukan beberapa hal yakni :
    1. Banyak minum air putih.
    2. Minum obat pereda nyeri =paracetamol
    3. Istirahat
    Jika nyeri terus berlanjut tanpa berkurang sama sekali segera hubungi dokter / RS terdekat.   Semoga membantu.   dr. Yusi