Tanya Dokter

  • Penyebab demam berkepanjangan

  •  Ayu Pratiwi
    Anggota

    Assalamualaikum dok, saya mau tanya ini suami saya sedang demam, setelah minum obat badan dingin namun nafas tetap panas, dan kembali panas lagi badanya... dan itu sudah beberapa hari. Kira2 sakit apa ya dok?

    Hai Ayu pratiwi Demam adalah dimana kondisi suhu tubuh melebihi 37.3 derajat Celcius, yang dapat dipastikan dengan pemeriksaan menggunakan alaat termometer. Umumnya penyebab demam adalah infeksi, dimana infeksi paling sering menyebabkan demam adalah infeksi virus dan bakteri. Untuk memastikan penyebab demam diperlukan informasi lebih lengkap mengenai gejala lain seperti:

    • Pola demam apakah naik turun, sudah berapa hari demam?
    • apakah disertai gejala infeksi saluran pernapasan seperti batuk, pilek, nyeri tenggorok?. Infeksi saluran pencernaan seperti mencret, nyeri perut?
    • Gejala perdarahan, mual, muntah dan lainnya.
    Bila sudah beberapa hari panas tidak turun, sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang seperti cek darah di laboratorium terdekat. Informasi mengenai penyebab demam dapat Anda baca pada artikel berikut: Demam. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william