Tanya Dokter

  • Cara Menghilangkan Gigi Yang Terasa Sakit

  •  Shena Arina
    Anggota

    Haloo Dokter Nama saya Shena, 16 thn. Dok saya mau bertanya, jadi gini, Sudah 2 hari terakhir gigi saya sakit, posisinya di bawah sebelah kanan, agak kedalam gitu (Mungkin itu gigi graham yang beluk lepas) Terus rasanya bener-bener sakit, waktu awal saya kasih obat dan saya kumur pakai air garam masih bisa diatasi. Tapi sekarang menginjak hari ketiga saya ulangi lagi malah gak terlalu manjur memakai itu. Orang Tua saya menyarankan untuk cabut gigi, tapi saya berfikir, kalo cabut gigi waktu gigi saya masih sakit, saya jadi takut sendiri. Takut sama rasa sakit yang luar biasa nantinya. Tapi kalo gak dicabut, sakit juga. Nahh Disitu permasalahannya. Lalu saya harus bagaimana? Bisakah saya mendapat saran dari Dokter?? :) Terima Kasih Dokter :)

    Shena Arina  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Sakit gigi merupakan suatu masalah yang sering terjadi. sakit pada gigi dapat disebabkan karena berbagai penyebab. sakit pada gigi tidak selalu disebabkan karena adanya gigi yang goyang. Jika keadaan sakit gigi yang anda alami memang disebabkan karena gigi yang goyang maka baru hal tersebut mungkin memerlukan suatu tindakan pencabutan gigi. 

    Tetapi terdapat beberapa penyebab lain yang seperti:

    • Gigi berlubang
    • gangguan saraf gigi
    • impaksi gigi
    • peradangan pada gusi

    Gigi berlubang juga dapat menyebabkan rasa nyeri yang hebat pada gigi. gigi berlubang dapat menyebabkan terpaparnya saraf gigi, yang mana hal tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri. selain itu gigi berlubang juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi, sehingga menyebabkan pembengkakkan pada gigi serta berbau.

    Oleh karena itu, untuk menentukan penyebab pasti dari keadaan anda, dan untuk menentukan pengobatan yang tepat untuk anda maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda secara langsung terlebih dahulu. JIka memang gigi anda sudah sangat goyang atau gigi berlubang sangat parah, maka mungkin tindakan pencabutan gigi lebih baik. 

    anda dapat melakukan kumur dengan menggunakan cairan antipsetik yang banyak dijual bebas. hindari menggunakan sembarang obat. jangan konsumsi makanan/ minuman yang terlalu panas.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai sakit gigi

    semoga bermanfaat. terimaaksih

    dr. danny