Tanya Dokter

  • penyebab sering sakit kepala belakang

  •  Os
    Anggota

    Selamat malam dok. Nama saya rosi, umur saya 17 tahun. Saya sering mengalami sakit kepala dibagian belakang dok. Tepatnya di atas leher. Biasanya terasa sakit pada saat saya berpikir keras, seperti misal : belajar, memikirkan konflik dengan teman, dan masalah keluarga. Awalnya sakit nya berjeda dok, misal saya ada ulangan di sekolah pagi hari, sakit kepala terasa pada saat saya pulang sekolah. Tetapi sekarang jika saya ulangan dipagi hari, pada saat saya belajar kepala langsung terasa sakit dok. Durasi sakitnya tidak lama, sekktar 3-5 menit dok. Tapi pernah saya sampai tidak jelas melihat benda benda, ini pernah terjadi 1 kali. Bagaimana ya dok? Saya terus terusan kepikiran.. saya mohon saran dari dokter :) terimakasih dok

    Salam, 

    Dari info yang Anda sampaikan, adanya sakit kepala bagian belakang yang Anda rasakan kemungkinan dapat disebabkan oleh ketegangan otot leher dan kepala Anda,sehingga menyebabkan keluhan nyeri yang mengganggu. Adanya stres, beban fikiran yang meningkat, serta kelelahan fisik dapat menyebabkan ketegangan otot leher dan kepala ini meningkat. Oleh karena itu, mengontrol kondisi psikis Anda akan membantu mengurangi beban dan mengurangi ketegangan otot Anda.

    Beberapa kondisi lain juga dapat memicu keluhan yang sama,seperti:

    1. tidur larut malam atau kurang tidur

    2.tekanan darah yang tidak normal

    3.menderita gejala awal sakit

    4. gangguan pada saraf tulang belakang

    5. anemia

    6. ketidakseimbangan kalori atau makan tidak teratur

    Sebaiknya Anda mengevaluasi dan mencegah penyebab keluhan ini. Bila Anda merasakan stres dan beban fikiran menjadi emicunya,maka sebaiknya Anda mulai mencari cara mengontrol faktor pemicu tersebut. Selanjutnya bila hal ini semakin mengganggu,sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter keluarga Anda atau dokter saraf Anda. Pemeriksaan penunjang mungkin direncanakan, seperti pemeriksaan darah dan rontgen. 

    Pengobatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari tidur larut malam, dan lakukan olah raga rutin untuk meningkatkan stamina Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga sakit-kepala-tegang.

    dr.Ulfi