Tanya Dokter

  • Sakit kepala saat kelelahan

  • Selamat sore dok, Saya mau tanya,? kepala saya sering sakit tapi enggak pusing,. Kadang kalau kecapekan sering sakit tapi kalau istirahat juga masih sakit. Mohon jawabannya.

    Tapi sakitnya sering ganti-ganti, kalau kepalanya di sentuh kadang sakit. Mohon jawabannya.

    Halo,   Sakit kepala merupakan gejala yang paling sering dialami dan bisa disebabkan banyak faktor yang terjadi. Secara garis besar sakit kepala bisa dibagi menjadi :

    1. Sakit kepala primer
    2. Sakit kepala sekunder.
    Sakit kepala primer adalah sakit yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya secara pasti, beberapa jenis sakit kepala yang termasuk kategori ini adalah :
    1. Sakit kepala tegang = sakit kepala berat (serasa pegal/ ditindih benda berat) pada kepala yang bisa menjalar ke punggung, wajah dan bahu. Sering disebabkan karena stress psikis, pola makan yang buruk, postur tubuh yang jelek saat aktivitas dan kelelahan.
    2. Sakit kepala cluster = sakit kepala di belakang mata yang bisa menjalar ke kepala dan biasa dialami oleh pria, sakit kepala dirasa sangat berat hingga bisa menganggu aktivitas dan bisa bertahan beberapa hari dan kemudian menghilang.
    3. Sakit kepala migrain= sakt kepala berdenyut yang biasa dirasakan 1 sisi kepala namun bisa menjalar atau berpindah ke sisi kepala yang lain. Biasa dipicu oleh kondisi lingkungan, stress, makanan, pola makan yang jelek, kurang istirahat, dll,
    Sementara sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang terjadi akibat penyakit tertentu seperti :
    1. Sakit kepala akibat infeksi gigi, Infeksi THT, Infeksi mata dll
    2. Hipertensi
    3. Kolesterol tinggi
    4. Tumor otak
    5. Meningitis
    6. Sinusitis
    7. Kanker otak
    8. cedera kepala / gegar otak
    9. Maag, asam lambung
    10. dll.
    Untuk mengurangi sakit kepala Anda , Anda bisa melakukan :
    1. Berolahraga teratur
    2. Jaga berat badan ideal
    3. Makan gizi seimbang, hindari telat makan
    4. Cukup isitrahat, Hindari bergadang
    5. Kurangi konsumsi kopi, teh, soda dan alkohol serta makanan yang terlalu manis / asin.
    6. Hindari makanan berlemak tinggi
    7. Minum obat pereda nyeri = paracetamol
    Jika dengan pengaturan dan pola makan sehat keluhan Anda masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter syaraf terdekat, dokter akan melakukan tes medis yang perlu seperti EEG, CT SCAN, tes darah dan MRI untuk mencari penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan untuk meredakan keluhan Anda. Baca topik sakit kepala. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi