Tanya Dokter

  • Sakit kepala tak kunjung sembuh

  •  ririntan1525
    Anggota

    Dear dokter,

     

    saya ririn 22 tahun, saya mengidap vertigo akut sejak umur 15 tahun. saya pernah masuk rumah sakit karna vertigo tersebut, pernah CT scan juga, dan ke dokter THT. namun semuanya tidak mendapatkan pertolongan apa2. sakit kepala saya terus berlanjut hingga sekarang. rambut saya rontok parah setiap hari, penglihatan saya semakin sulit. saya gampang sakit, gampang capek dan gampang pusing. obat vertigo sudah tidak mempan lagi sekarang. apa yang harus saya lakukan? apa saya harus MRI untuk mengetahui saya sakit apa? Jika iya, apa itu MRI, apakah lebih bagus dari CT scan? Dan bagian mana saja yang bisa dijelaskan jika kita MRI? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

     

    Hallo Ririn

    Rasa sensasi berputar dapat disebabkan oleh banyak hal seperti vertigo, labirinitis (peradangan pada labirin telinga), migrain, penyakit meniere, stroke, dsb. Untuk vertigo sendiri di bagi menjadi dua garis besar, yaitu vertigo yang disebabkan adanya masalah di sistem saraf pusat (otak) atau vertigo yang disebabkan masalah di luar otak.

    MRI dan CT-Scan merupakan suatu sarana penunjang, pemeriksaan ini akan dilakukan jika informasi klinis yang didapatkan dari wawancara medis dan juga pemeriksaan fisik masih belum dapat menegakan diagnosis penyakit. Vertigo akibat masalah diluar otak tidak memerlukan pemeriksaan MRI dan CT-Scan, berbeda dengan vertigo akibat gangguan diotak yang dimana pemeriksaan MRI atau CT-scan diperlukan.

    MRI lebih dianjurkan karena dapat melihat adanya gambaran infark, iskemik, tumor, dan gangguan jaringan lainnya di otak. Sedangkan CT-scan bisa melakukan hal serupa hanya saja resolusinya lebih rendah serta gambaran yang didapat bisa terpengaruh oleh tulang tengkorak.

    Namun pada diri Anda belum tentu memerlukan pemeriksaan MRI ataupun CT-Scan, karena belum diketahui pasti vertigo jenis apa yang anda alami, selain penyakit-penyakit yang keluhannya menyerupai vertigo seperti yang disebukan di awal pun perlu dipertimbangkan.

    Maka itu periksakan dahulu ke dokter ahli THT ataupun dokter ahli Saraf, untuk dilakukan pengkajian terlebih dahulu untuk mengetahui jenis vertigo atau kondisi medis apakah yang sebenarnya Anda alami, karena pemeriksaan MRI/CT-Scan dengan indikasi yang tidak tepat tentu saja tidak ditemukan apa-apa, itulah perlunya dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold