Tanya Dokter

  • Sakit kepala hebat hingga belakang leher disertai demam

  •  Miranda halim
    Anggota

    Malam dok, Mau konsul dok, ini sudah 3 hari saya sakit kepala sampai kebelakang leher, punggung juga jadi sakit , mual juga , serta demam pada kepala yg bikin mata merah dan panas, tulang lutut pun ngilu sangat , lidah putih dan pahit , tensi tadi pagi 90/60 , kemarin mlm tensinya 130/90 , jadinya lemas terus. Makasih dok , smg dapat diblas . Wassalam

    Hai Miranda,

    Bila Anda mengalami sakit kepala disertai demam, ada kemungkinan sakit kepala yang timbul merupakan gejala penyerta yang kerap timbul pada penyakit infeksi. Adanya demam sendiri dapat menjadi penanda adanya infeksi dalam tubuh, baik akibat virus, bakteri maupun parasit. Kenaikan suhu tubuh yang terjadi sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk melawan mikroorganisme penyebab infeksi.

    Infeksi dalam tubuh memang kerap menimbulkan berbagai gejala. Selain demam dan sakit kepala, gejala penyerta infeksi lainnya yang sering timbul antara lain mual, muntah, diare, sakit tenggorokan, batuk, tubuh terasa lemas, atau nyeri otot dan sendi seperti halnya yang Anda alami.

    Berbagai kemungkinan penyebab keluhan yang Anda alami antara lain:


    Mengingat keluhan sudah berlangsung lebih dari 3 hari maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut untuk menelusuri penyebabnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan tes penunjang jika dipandang perlu (seperti tes laboratorium darah) guna menganalisis lebih jauh. Dari hasil pemeriksaan ini dokter akan dapat mencari tahu penyebab dasarnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan sementara ini:

    • Bila timbul demam atau sakit kepala terasa mengganggu dapat mengonsumsi obat penurun demam dan pereda nyeri seperti paracetamol
    • Perbanyak konsumsi air putih
    • Makan secara teratur, jangan terlambat makan karena dapat semakin memicu sakit kepala
    • Makan dan minum secara perlahan untuk mencegah mual
    • Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Meminimalisir stres


    Informasi terkait dapat dibaca pada laman berikut ini:

    Infeksi virus dan bakteri           
    Penyebab sakit kepala

    Demikian semoga bermanfaat,

    dr. Muliani Sukiman