Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri, sesak, dan panas di area dada bawah

  •  Deatata
    Anggota

    Dok,begini kalau sakit dibagian bawah dada sebelah kanan tepat dilipatan antara dada dan perut,nah disitu rasanya sesak dan panas... Disitu beliau teridap sakit kolestrol dan asam urat setelah dipeeiksa. Nah,rasa yang tadi itu disebabkan apa dok? Apakah aaupan makanan? Atau obat?

    Hai Deatata,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Kadar kolesterol (hiperkolesterolemia) dan asam urat (hiperuricemia) yang tinggi bisa memicu berbagai keluhan di dalam tubuh, termasuk juga nyeri-nyeri tubuh. Paling sering, nyeri ini muncul di sekitar otot dan persendian akibat adanya peradangan. Tidak jarang, peradangan ini juga bisa memicu pembengkakan, hangat, kemerahan, kaku-kaku, keterbatasan pergerakan, dan berbagai keluhan lainnya. Namun, kedua kondisi ini saja sangat jarang memicu nyeri di area dada bawah sebagaimana yang Anda sebutkan.

    Sensasi nyeri, sesak, dan panas di area dada bawah bisa terjadi akibat beberapa kondisi, misalnya:

    • Gangguan sistem pencernaan, contohnya GERD (gastroesophageal reflux disease, refluks asam lambung ke esofagus), gastritis (radang mukosa lambung), tukak lambung, tukak duodenum, kolangitis (radang empedu), kolelithiasis (batu empedu)
    • Gangguan sistem pernapasan, contohnya pneumonia (radang parenkim paru), pleuritis (radang selaput pembungkus paru)
    • Lainnya, contohnya mialgia (nyeri otot), penyakit jantung koroner, postherpetic neuralgia, gangguan psikosomatis, dan sebagainya

    Apabila keluhan tersebut muncul akibat gangguan pencernaan, maka konsumsi beberapa jenis makanan, misalnya yang terlalu asam, terlalu pedas, berlemak, mengandung gas serta kafein bisa memperberat keluhan ini. Demikian pula konsumsi beberapa obat, seperti obat anti nyeri, anti radang, dan sebagainya.

    Nyeri yang cukup hebat intensitasnya sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter supaya dievaluasi lebih lanjut. Bila perlu, dokter akan mengarahkan Anda untuk menjalani tes, seperti rontgen, USG, rekam jantung, dan sebagainya. 

    Sementara ini, Anda bisa kompres dulu area dada bagian bawah tersebut supaya nyerinya membaik. Kenakan pakaian yang nyaman, dan tidak terlalu ketat di area dada serta perut agar tidak menimbulkan penekanan berlebihan di area yang nyeri. Batasi konsumsi makanan yang bisa memicu nyeri bertambah hebat (sebagaimana disebutkan di atas). Hindari juga konsumsi obat sembarangan tanpa rekomendasi langsung dari dokter.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah