Tanya Dokter

  • Pengaruh tekanan darah rendah terhadap tubuh

  • Dok saya mau bertanya kenapa seminggu ini leher saya terasa sakit dan linu dok, badan terasa demam, badan terasa lemas, kepala pusing dan perut mual dok. saat saya chek darah ternyata saya darah rendah dok. apakah itu alasan saya merasa sakit dok?

    dan bagian punggung saya juga sakit/pegal dok 

    Halo Rianipriagustika,

    Sekedar informasi, tekanan darah rendah/hipotensi merupakan kondisi dimana tekanan darah seseorang lebih rendah dari nilai rujukannya. Biasanya batasan nilai tekanan darah rendah yang digunakan adalah sistolik 90 dan diastolik 60 (90/60).

    Tidak semua penderitanya akan menunjukkan gejala. Tetapi gejala yang paling sering terjadi pada kondisi hipotensi seperti pusing, lemas, mual, jantung berdetak tidak teratur, pucat, ekstremitas teraba dingin, napas pendek, penglihatan buram.

    Adapun beberapa faktor yang dapat memengaruhi kondisi hipotensi yaitu kegiatan fisik, usia, pengobatan tertentu, dehidrasi, anemia, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, perdarahan, penyakit jantung, infeksi, reaksi alergi.

    Maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu mengenai penyebab dari terjadinya penurunan tekanan darah anda.

    Tidak menutup kemungkinan saat ini anda sedang terinfeksi bakteri maupun virus dengan gejala demam, kepala pusing, mual dan pegal.

    Hipotensi ada yang memerlukan penanganan khusus tetapi ada yang dapat sembuh dengan sendirinya. Sebaiknya terlebih dahulu anda beristirahat dari kegiatan anda saat ini, konsumsi air mineral, posisi duduk dengan nyaman. Bila keluhan dirasa semakin berat, jangan segan untuk berkonsultasi kembali kepada dokter.

    Demikian penjelasan saya. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih.

    Salam, dr.Valan Tauran