Tanya Dokter

  • Leher terasa sakit setelah tercekik dan disertai demam

  •  Beby Mel
    Anggota

    Salam dok ! Saya mahu tanya , Semalam saya ada masalah dgn suami, Tanpa sengaja suami mencekik leher saya sangat kuat, Setelah itu leher saya sakit, leher bagian kanan atas terasa sangat Sakit untuk menelan apapun, menelan air liur saja sangat sakit, Setelah kejadian itu, malam nya juga saya langsung demam Badan sy panas, pertanyaan sy, ini berbahaya atau tidak y dok ? Dan ini boleh menjadi penyakit atau tidak ? Terimakasih dokter, Wassalamualaikum

    Halo Beby, terima kasih atas pertanyaannya.

    Pertama-tama yang harus Anda ketahui, Leher merupakan komponen atau bagian tubuh yang sangat penting. di leher kita mendapatkan semua fungsi yang terjadi pada tubuh kita, yaitu adanya kelenjar getah bening pada leher, adanya tulang belakang yang melindungi saraf, adanya pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak, yaitu arteri karotis, selain itu juga terdapat pusat pernafasan pada otak dan tulang belakang. Leher juga memiliki daerah dimana terdapat trakea atau saluran nafas dan juga saluran cerna, yang sangat penting bagi proses pernafasan dan pencernaan. Lalu jika terjadi tekanan yang kuat pada leher kita, hal ini dapat membuat komponen-komponen ini menjadi terganggu fungsinya. Terutama jika terjadi trauma seperti tercekik, hal ini sangat berpotensi mencederai misalnya trakea atau saluran nafas kita sehingga kita menjadi sulit bernafas atau asfiksia, mengganggu fungsi kerongkongan, sampai bisa menyebabkan terjadinya pingsan atau kematian akibat hal-hal ini.

    Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri Anda ke Dokter atau rumah sakit terdekat, agar kondisi ini dapat dilihat dan diperiksa dengan seksama dan dipastikan, apakah ada hal-hal yang mengganggu atau mengancam jiwa yang perlu ditangani. Beberapa hal yang mungkin menyebabkan terjadinya keluhan ini antara lain:

    • Terjadinya trauma pada otot dan tulang sekitar leher, terjadi akibat cekikan yang cukup keras tersebut
    • Adanya gangguan pada daerah esofagus atau kerongkongan akibat trauma atau cekikan tersebut, sehingga membuat proses menelan makanan menjadi sulit akibat trauma tersebut
    • Ada gangguan medis lainnya  yang menyebabkan terjadinya keluhan, seperti misalnya radang kelenjar getah bening akibat infeksi, radang kelenjar ludah atau sering disebut gondongan, adanya radang tenggorokan, dan kondisi lainnya yang juga dapat menyebabkan keluhan-keluhan tersebut juga keluhan panas dan demam tersebut.

    Saran saya, selain segera memeriksakan diri Anda ke Dokter atau IGD RS terdekat, cobalah untuk menenangkan diri Anda. kondisi emosional yang takut atau shock juga bisa menyebabkan terjadinya hal-hal ini. bila Anda merasa perlu, Anda juga dapat menceritakan hal ini kepada dokter atau tenaga medis lainnya, agar dapat membantu Anda untuk merasa aman dan nyaman.

    Berikut adalah artikel yang bisa Anda baca.

    Semoga penjelasan saya dapat membantu.

    Dr Otniel Budi Krisetya