Tanya Dokter

  • Mata anak usia 1,5 tahun merah disertai bercak putih setelah penggunaan obat mata

  •  lely_fauziah
    Anggota

    Selamat siang dok,
    anak saya menderita sakit mata sejak umur 1.5 thn.
    pernah sampai saya bawa ke RS mata Cicendo Bandung untuk pemeriksaan, tapi karena lewat umum saya terkendala biaya pada saat itu, sehingga proses pemeriksaan belum selesai , sudah saya bawa pulang lagi ke Kendal.
    tapi pada saat itu sempat diberi resep obat , ada 3 jenis obat tetes yang tertulis, Posof, LFX dan 1 lagi saya lupa.
    mata anak saya memerah, bahkan saat ini terdapat bercak putih di kornea, dan sering mengeluarkan airmata. terasa perih jika terkena air dan cahay.
    usianya saatini sudah 6 thn...
    menurut dokter apa penyakit anak saya, dan bagaimana penanganan nya?
    terima kasih

    Halo Ibu Lely.

    Terimakasih sudah bertanya ke alodokter.

    Mata merupakan indera penglihatan manusia. Untuk dapat melihat mata memerlukan bagiannya. Bagian-bagian mata yang dimaksud kornea, pupil, lensa, kemudian ke retina dan diteruskan ke otak melalui saraf optikus. Jika salah satunya mengalami gangguan, maka akan terjadi penurunan tajam penglihatan.

    Bintik putih pada mata bisa disebabkan oleh:

    Kornea merupakan bagian bening dan bulat pada bola mata. Bila terjadi infeksi pada kornes, akan menyebabkan goresan pada permukaan kornea. Jika goresan itu terlalu dalam akan menjadi luka yang disebut dengan ulkus. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, maupun parasit. Selain karena infeksi, ulkus kornea bisa disebabkan oleh kekeringan pada mata, penggunaan lensa kontak, penggunaan obat-obatan tertentu, dan penyakit yang tidak dapat menutup kelopak mata dengan sempurna. Gejalanya berupa gatal, berair, tidak tahan melihat cahaya, nyeri pada mata, mata merah, dan bengkak.

    Pada retinoblastoma, kanker menyerang retina terlebih dahulu kemudian ke bagian depan bola mata. Gejalanya dapat disertai kemerahan pada mata dan bengkak.

    • Katarak

    Katarak pada lensa mata akan terlihat bintik putih pada mata. Katarak dapat dideteksi sejak masih bayi. Katarak bisa disebabkan oleh kelahiran prematur atau ibu terinfeksi TORCH saat masa kehamilan.

    Sebaiknya anda memeriksakan kembali keluhan mata anak anda agar tidak terjadi komplikasi serius.

    Adapun saran yang dapat saya berikan:

    • tidak menggosok atau mengucek mata terlalu keras
    • mencuci tangan setelah dan sebelum memegang mata
    • istirahat yang cukup

    Semoga penjelasan saya dapat menjawab pertanyaannya.

    Salam,

    dr. Kresnawati Wahyu Setiono