Tanya Dokter

  • Sakit payudara menjalar hingga ketiak

  • Assalamu alaikum dok.mau tanyk Saya merasakan sakit di PD sy sejak awal trakhr sy haid awal.y terasa ngilu di bagian PD kiri sy letak.y di samping dekt ketiak..sy periksakn ke klinik di beri obat setelh hilng.saya haid lalu setelh haid sakit.y dtng lg.tanpa sy sadari itu haid terkhir sy krn sya sedang hamil rupaya.sblm saya tes hamil sy sempat periksa di RS kata.y ada tumor atau sebatas hormon di PD kiri sy dekat ketiak..lalu saat hamil kadang sya merasakan nyeri di PD kiri tepat yg di bilang oleh dokter tersebut..sampai menjalar ke ketiak..lalu sy coba raba sendiri betul ada gumpalan sperti benjolan di daerah tersebut saat di tekan sakit..lalu sya mau angkat tp sya sedang hamil 2 bln jd.sya tunggu sampai melahirkn pas.sya alhamdulillah selamat melahirkn nyeri.y masih sama kadang tembus ke belkng saya..terasa sepeti tertekan masuk ke dlam..awal.y saya takut menyusui anak saya.tp kata suami saya susui sja jd sya susui...tp sya khawatir kalo air ASI PD kiri saya tdk baik..jd sya berhenti tp PD saya terasa sakit lg.makanya saya Susui lg.tp nyeri.y mash ada..sya jd takut dok PD kiri sya asi.y sama sj sma yg kanan kalo sy liat trus kalo sya raba lgi benjolan.y berbenjol benjol keras2 tpi agak kenyal2 trus kadang jg seperti menusuk nusuk kalo di tekan sakit tp dri awal saya rasakan sakit.y cuma di daerah situ saja cumn kadang menjalr ke ketiak saya..yg saya mau tanykn amankah kalo saya susui anak. Sya pake PD kiri trus kalo sya susui apakh bisa mengurangi..Resiko Sakit payudara..kalo tdk bisa di susui apakah aman kalo sya perah saja susu sya yg sebelah dok mohon penjelasannya.

    Halo Ibu Jusmawati, 

    Sebelumnya perlu dipastikan apakah jenis tumor payudara tersebut. Jika dokter Anda sebelumnya tidak meminta Anda segera mengangkatnya atau diduga karena hormon, maka bisa diasumsikan sementara bahwa benjolan tersebut jinak. Selengkapnya, bacalah: Tumor Payudara

    Tumor payudara yang umum ditemukan saat kehamilan adalah fibroadenoma. Tumor ini diduga dipengaruhi hormon, sehingga dapat membesar pada saat kehamilan. Fibroadenoma biasanya tidak menyebabkan masalah menyusui. Beberapa sumber menyatakan ada sedikit pengurangan produksi ASI pada payudara yang terkena, namun tidak signifikan. Tumor jinak payudara lain misalnya lipoma (berasal dari jaringan lemak) ataupun kista juga biasanya tidak mengganggu menyusui. 

    Jika Anda tidak menyusui anak Anda dengan payudara tersebut, tentunya akan terasa nyeri karena terjadi penumpukan, apalagi jika produksi masih banyak. Tetaplah susui anak Anda, kosongkan dengan pompa jika setelah menyusui masih ada ASI yang tersisa. 

    Meski begitu, mengingat sudah lama Anda tidak kontrol benjolan tersebut, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter bedah Anda untuk pemantauan berkala. Biasanya jika tidak membesar atau tidak menimbulkan keluhan, penanganannya bisa ditunggu hingga kadar hormon stabil atau setelah selesai menyusui. Pada sebagian kasus, tumor payudara bisa menyusut dengan sendirinya ketika kadar hormon sudah kembali normal. 

    Salam, 

    dr. Mega