Tanya Dokter

  • Sakit perut bagian kiri

  •  Nurendah
    Anggota

    Halo dokter, apakah sakit perut bagian kiri bisa disebabkan oleh bab yg tidak teratur ? Karna saya jarang merasakan sakit perut, sehingga harus menggunakan bantuan obat sembelit untuk bab, dan terkadang harus 'ngeden'. apakah ada hubungannya dengan usus? Trims.

    Selamat Malam, Sulit BAB/konstipasi,kotoran yang mengeras maupun gangguan pada usus dapat menyebabkan sakit perut bagian kiri. Meskipun demikian, untuk dapat menyatakan secara pasti penyebab keluhan sakit perut yang Anda alami dibutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter secara menyeluruh (termasuk pemeriksaan abdomen/rongga perut serta tes medis lainnya yang sekiranya diperlukan) sehingga apabila berlanjut sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan apakah disebabkan oleh hal tersebut ataukah hal lainnya (semisal gastritis,radang pankreas,pembesaran limpa,dll). Artikel mengenai penyebab sakit perut kiri ->> SAKIT PERUT KIRI Untuk mengatasi konstipasi/sulit BAB sebaiknya dimulai dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan DIET TINGGI SERAT dan banyak mengkonsumsi air putih. Rutin berolahraga serta tidak menahan BAB. Redakan nyeri dengan kompres hangat menggunakan botol/buli-buli/handuk pada area perut yang sakit. Artikel mengenai konstipasi ->> KONSTIPASI Artikel mengenai obat pencahar ->> OBAT PENCAHAR   Semoga lekas sembuh, dr.Debby Phanggestu

    Nurendah  Nurendah
    Anggota

    Terimakasih atas penjelasannya dok., selain itu, apa gejala yang ditimbulkan jika penyakit saya sudah sampai menyerang usus besar dok? Dan apa pengobatan yang biasanya harus dilakukan? Trimakasih..