Tanya Dokter

  • Sakit pinggang menjalar hingga perut dan alat kelamin

  • Assalamualikum dok tolong balas secepatnya.. Dok, saya mau nanya kenapa sakit pinggang terus turun ke sakit perut terus turun ke jenis kelamin. ...

    Halo Imas, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Nyeri pinggang yang menjalar hingga ke area kelamin bisa disebabkan oleh berbagai kondisi medis. Yang paling sering adalah batu saluran kemih, khususnya yang terletak di ureter. Perlu Anda pahami, saluran kemih manusia terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.

    Ureter adalah saluran yang tersusun dari otot-otot polos yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Saluran ini memiliki diameter sekitar 10-15 milimeter dengan panjang sekitar 20-30 sentimeter. Saluran ini mendapat persarafan yang sama dengan area perut, pinggang, hingga kelamin, tergantung dari letak sumbatan yang disebabkan oleh batu. Sebagian besar batu ureter barasal dari batu ginjal yang meluruh. Tidak jarang keberadaan batu ini meyebabkan gesekan di lapisan dinding ureter yang menyebabkan iritasi dan infeksi. Selain rasa nyeri, gejala lain yang bia dialami penderita batu ureter adalah mual, muntah, diare, perubahan warna dan bau urin, serta demam.

    Alangkah baiknya Anda memeriksakan diri  secara langsung ke dokter. Melalui pemeriksaan langsung yang ditunjang pemeriksaan sampel darah atau urin, serta USG, dokter bisa memastikan diagnosis penyakit Anda sekaligus menentukan penanganan yang tepat. Khusus pada wanita, keluhan serupa bisa juga menandakan kelainan pada organ reproduksi, seperti radang panggul, endometriosis, tumor/ kista ovarium, dan sebagainya. Ikutilah anjuran pengobatan yang disampaikan oleh dokter.

    Sebagai langkah penanganan awal, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri seperti paracetamol yang dijual bebas di apotek. Di samping itu, pastikan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air setidaknya 8 gelas per hari, hindari kebiasaan menahan buang air kecil, makan secara teratur, dan istirahat yang cukup.

    Semoga informasi ini bermanfaat ya

    dr. Lili