Tanya Dokter

  • Sakit di bagian bawah dada sebelah kiri sudah seminggu

  • Selamat Pagi dok. Dok sudah seminggu ini dada saya merasa ngilu, terkadang sesak. Tepatnya berada di bagian bawah payudara sebelah kiri. Saya tidak tau penyebabnya apa dok, sebelumnya saya tdk pernah sakit seperti itu. Awalnya saya sakit tenggorokan, kemudian sakit dibagian dada sebelah kiri, seperti ngilu. Sakitnya muncul tiba-tiba dok, kadang sebentar kdg agak lama. Kemaren saya demam dok,kepala pusing,flu dan batuk juga. Malam nya saya muntah, setelah muntah sedikit mendingan. Tapi saya masih merasakan demam, tubuh saya sedikit menggigil dok, dan sakit di dada saya masih ada. Apakah itu namanya masuk angin kah dok? Apa tindakan pengobatan dan pencegahan yg hrs saya lakukan dok. Terimakasih atas Waktu nyaa 😄

    Halo, Rendi Jaya Kusumawati, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Nyeri dada kiri bisa merupakan gejala dari adanya gangguan pada organ jantung dan pelapisnya, paru dan pelapisnya, otot dada, tulang rusuk, persendian, hingga payudara. Pada orang yang sering batuk dalam jangka panjang, batuk keras, muntah-muntah, sesak bisa menyebabkan nyeri dada karena penggunaan otot-otot pernafasan di dada yang berlebihan. Batuk, sesak, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam bisa menunjukkan adanya infeksi pada saluran pernafasan karena virus atau bakteri. Untuk menentukan penyebabnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter akan menanyai Anda dengan pertanyaan yang berhubungan dengan gejala Anda, melakukan pemeriksaan fisik lengkap, serta melakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti periksa darah lengkap dan foto ronsen. Pengobatannya tergantung pada penyebabnya.

                Untuk mengurangi gejala dan mencegah perburukan, Anda dapat melakukan ini:

    1.     Perbanyak minum air putih hangat, bisa dicampur madu dan lemon untuk melegakan tenggorokan dan memperbaiki batuk.

    2.     Istirahat total (tidak bekerja).

    3.     Tidak mengangkat barang berat untuk sementara waktu.

    4.     Hindari asap rokok.

    5.     Perisksakan ke dokter.

    6.     Minum obat dari dokter secara teratur.

    7.     Jika demam dan nyeri dapat coba minum paracetamol atau ibuprofen untuk meredakannya. Oleskan krim antinyeri pada bagian yang terasa nyeri.

    8.     Jika nyeri dada menjalar ke lengan kiri, rahang, menusuk sampai punggung, seperti tertindih beban berat, ada batuk lebih dari 2 minggu, penurunan berat badan, tidak nafsu makan, segeralah ke dokter untuk periksa lebih lanjut.

     

    Sekian, semoga bermanfaat yaa.

    Salam, dr. Sarah Rizqia.