Tanya Dokter

  • Telinga kiri tersumbat disertai penurunan kemampuan mendengar setelah membersihkan telinga

  •  E prasetyo
    Anggota

    Siang dok, telinga saya sakit dibagian kiri awalnya gatal terus saya korek setelah itu keluar cairan dan telinga saya jadi sakit dan tersumbat sehinga telinga bagian kiri tidak dapat mendengar, apa penyebab telinga saya tersumbat dok karna bengkak apa karna penumpukan cairan, bagaimana cara mengatasinya dok?? Trima kasih

    Prasetyo yang baik,

    nyeri pada telinga mengindikasikan adanya masalah, yang bisa disebabkan salah satunya oleh infeksi. Untuk mengerti kondisi yang terjadi pada Anda, penting untuk memahami sedikit mengenai anatomi telinga manusia. Saluran telinga terdiri dari 3 ruangan yakni telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam. Telinga luar dan telinga tengah terbatasi oleh gendang telinga, sementara telinga dalam dan telinga tengah terbatasi oleh tulang-tulang pendengaran. Telinga tengah sendiri terhubung dengan bagian tenggorokan dan saluran napas melalui saluran eustachius. Infeksi pada telinga tengah, atau infeksi pada saluran pernapasan, bisa menyebabkan penmbengkakan hingga ke telinga tengah dan menimbulkan rasa nyeri. Tak jarang infeksi ini juga menghasilkan pernanahan. Mengorek telinga dapat menciderai gendang telinga dan menyebabkan cairan nanah ini keluar melalui telinga luar. Peradangan yang masih berlanjut menyebabkan dinding-dinding saluran telinga membengkak dan menyebabkan rasa adanya sumbatan pada telinga.

    Bila kondisi sudah terjadi sedemikian jauh, maka yang dapat Anda lakukan saat ini ialah memeriksakan diri secara langsung pada dokter ahli Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT), untuk memastikan kondisi telinga Anda. Jangan emnggunaakn obat tetes telinga sembarangan tanpa resep dokter karena beberapa obat telinga tidak cocok dengan kondisi telinga yang sudah bocor gendang telinganya, dan justru bisa menimbulkan kerusakan saraf telinga. Berikut kami lampirkan artikel mengenai telinga keluar cairan. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief