Tanya Dokter

  • Sakit kepala tegang apakah boleh ke tukang urut?

  •  Widiarto
    Anggota
    Maaf mau nanya dok, bolehkah sakit TTH di pijat ke tukang pijat syaraf?

    Halo, Widiarto, terima kasih sudah bertanya pada Alodokter.

                Tension-Type Headache (nyeri kepala tegang) merupakan nyeri kepala primer (tidak ada penyebab seperti tumor, cedera, infeksi, maupun penyebab lainnya). Dicirikan dengan rasa tegang dan terikat pada keseluruhan kepala, sering dicetuskan dan diperburuk dengan adanya stress psikologis, sering membaik dengan pijatan kepala, paracetamol, dan mengelola stress.

                Nyeri kepala primer selain TTH adalah cluster headache dan migraine. Pengambilan diagnosis TTH harus melalui konsultasi mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, untuk menyingkirkan penyebab lain seperti adanya tumor, infeksi, cedera, dan penyebab pembuluh darah (stroke misalnya). Pengobatan nyeri kepala tidak serta merta dengan pemberian obat anti nyeri saja, namun juga disesuaikan dengan penyebabnya.

                Pada TTH, nyeri dicirikan dengan intensitas yang ringan sampai sedang, sehingga sering membaik dengan paracetamol, istirahat yang cukup, dan mengelola stress seperti melakukan relaksasi, rekreasi, dan meditasi / berdoa. Pemijatan pada kepala bisa dilakukan secara perlahan untuk TTH. Namun, jika diagnosis TTH belum ditegakkan oleh dokter, sebaiknya jangan melakukan apapun tanpa berkonsultasi dengan dokter, karena pemijatan pada area yang salah dapat berdampak pada kesehatan. Gejala sakit kepala tegang sering mirip dengan penyakit di leher (misalnya cervical syndrome) yaitu ada kelainan pada struktur di leher, dari tulang, otot, sendi, sampai saraf. Jika pemijatan salah, bisa-bisa memperburuk keadaan. Sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter Anda.

                Demikian informasi yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat ya.

     

    Salam,

    dr. Sarah Rizqia