Tanya Dokter

  • Cara mengatasi ISPA pada saat hamil usia 15 minggu

  •  Nora
    Anggota

    Hai dok. Saya sedang hamil UK 15w6d Karena post mudik saya merasa flu dan tidak enak badN.. Ingus mengalir seperti air dan jika di keluarkan gampir berwarna kuning, tenggorokan saya juga gatal, akibat ya saya batuk, akan tetapi dahaknya terlalu kental sehingga sulit keluar dan saya selalu mual saat batuk.. kira2 obat flu apa saja yang boleh saya konsumsi ketika hamil begini?? Terimakasih

    Hai Nora,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Saat hamil, konsumsi obat sebaiknya tidak dilakukan sembarangan sebelum Anda menjalani pemeriksaan ke dokter secara langsung. Hal ini dikarenakan, sedikit atau banyak dari komponen obat yang Anda konsumsi bisa mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan Anda. Termasuk juga obat untuk mengatasi flu, batuk, dan berbagai keluhan yang Anda alami saat ini.

    Apabila menilik dari keluhan-keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan Anda mengalami infeksi pada saluran pernapasan akut (ISPA). Infeksi ini bisa terjadi terbatas pada saluran pernapasan bagian atas, yakni hidung, sinus, tenggorokan, atau bisa juga terjadi di saluran pernapasan yang lebih bawah. Tidak jarang, penderita ISPA juga akan mengalami demam, nyeri otot dan persendian, pusing, nyeri kepala, dan berbagai keluhan lainnya.

    Selain ISPA, bisa juga keluhan Anda saat ini diperberat oleh alergi, infeksi pada sistem organ lainnya, kelelahan, stres, dan sebagainya. Mengingat banyaknya kemungkinan yang bisa mencetuskan keluhan Anda, sebagaimana kami sebutkan di atas, sebaiknya Anda memeriksakan diri dulu ke dokter supaya diidentifikasi penanganan seperti apa yang paling tepat untuk mengatasinya. Bila benar diduga Anda mengalami infeksi, dokter biasanya akan memberikan obat (termasuk juga antibiotik bila diduga infeksinya disebabkan oleh bakteri), tentunya dengan mempertimbangkan juga keamanan bagi janin dalam kandungan Anda.

    Sementara ini, Anda bisa lebih memperbanyak dulu beristirahat dan mengkonsumsi air putih hangat. Tingkatkan juga asupan vitamin C Anda, termasuk dengan lebih banyak mengkonsumsi buah, seperti jambu, lemon, kecambah, kelengkeng, strawberry, dan sebagainya. Hindari kontak dengan substansi yang rentan memicu gejala alergi, contohnya debu, dingin, asap, dan sebagainya. Apabila perlu, gunakan masker penutup hidung saat akan beraktifitas di ruangan yang kotor.

    Semoga membantu ya...

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah