Tanya Dokter

  • sampai kapan seseorang bisa dikatakan terbebas dari virus rabies?

  •  yesi m.s
    Anggota

    Salam dok,saya kan digigit kucing tanggal 14 april 2018 dok,kemudian di vaksinasi pada hari ke 17 setelah digigit kucing dok, tepatnya udh di vaksinasi pertama pada tgl 2 mei,kedua tgl 9 mei dok.. Dan ketiga nya tgl 23 nanti dok, Berapa lama seseorang bisa dikatakan bebas dari virus rabies dok? Kakak saya juga digigit oleh kucing yang sama dengan saya pada tgl 28 april dok (hari terakhir observasi karna mengigit saya dok),dan kakak saya juga di vaksinasi pada hari ketujuh setelah digigit kucing tsb dok,dan sudah menjalani vaksinasi sebanyak dua kali dok, Apa kami akan baik2 saja dok?

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, menurut standar pelayanan dinas kesehatan terhadap pasien dengan gigitan hewan yang dicurigai rabies, bila hewan yang menggigit dan dicurigai mengidap rabies,maka perlu diketahui apakah hewan tersebut dapat diobservasi (atau ditangkap) dan apakah hewan yang dicurigai tidak dapat ditangkap dan tidak dapat diobservasi.

    Bila hewan dapat ditangkap dan diobservasi selama 14 hari, dan hewan tersebut sehat dan tidak mati, maka vaksin rabies dapat dihentikan, hal ini berarti hewan yang menggigit kemungkinan tidak menderita rabies.

    Namun, bila hewan yang menggigit tidak dapat ditangkap dan diobservasi, maka penanganan rabies dapat dilanjutkan dengan pemberian vaksin rabies sampai semua seri pemberian vaksin tuntas.

    Namun, bagaimanapun juga,hal ini tetap memerlukan pertimbangan dari dokter yang merawat Anda, karena dokter Anda yang mengetahui kondisi klinis Anda dan kakak Anda, serta rencana penanganan lebih lanjut.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga  penanganan rabies.

    dr. Ulfi