Tanya Dokter

  • frekuensi denyut jantung pada bayi

  • 1.Mlm dok, sy mw tanya anak saya umur 10 bulan 21 hari biasanya kondisi anak saya badanx kadang hangat kadang tidak namun utk daerah bagian kepala dan kening selalu hangat dan urat nadi vena di bagian smping kepala denyutx cepat dan trus detak jantungx cepat.. Apakah itu pertanda apa dok ? Padahal anak saya gerakan selalu aktif dan lincah.. 2. Anak saya sejak lahir sdh konsumsi susu soya mulai morinaga soya maupun sgm soya. Yg sy mw tanykan diusia brp kt bisa gunakan produk susu sapi ? Soalx anak sy berat badanx tidak pas. Apakah konsumsi susu soya trus menerus ada efek sampingnya. 3. Anak sy beranjak usia memasuki 11 bln giginya blm tumbuh. Apakah itu normal. Mohon penjelasannya. Salam...

    Hai Papih Liony Bere,

    terima kasih telah bertanya ke Alodokter. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda satu persatu.

    Bayi memiliki frekuensi denyut jantung yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak dan dewasa dikarenakan fungsi fisiologis tubuhnya. Denyut jantung bayi dikatakan cepat atau disebut takikardi apabila frekuensi nya di atas 160 kali per menit. Denyut jantung yang cepat dapat merupakan salah satu tanda dari penyakit berikut:

    1. Dehidrasi atau kurangnya volume cairan tubuh
    2. Demam
    3. Infeksi saluran pernapasan
    4. Gangguan irama jantung
    5. Penyakit jantung bawaan
    6. Anemia
    7. Hipertiroid
    8. Efek samping obat-obatan

    Jika didapatkan denyut jantung yang cepat pada bayi, terutama jika disertai tanda-tanda lain seperti merintih, kebiruan, lemas, atau terdapat napas cuping hidung, Anda sebaiknya segera membawa bayi Anda ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan didapatkan penyebab yang mendasari.

    Pertanyaan kedua mengenai susu sapi dan susu soya. Susu sapi dapat digunakan ketika pencernaan anak sudah siap untuk mencerna susu sapi yaitu pada usia 12 bulan. Sedangkan untuk susu soya, konsumsi secara terus menerus dapat memberikan efek samping seperti kerusakan pada gigi, gangguan hormon, dan membuat berat badan bayi cenderung rendah. Susu soya dapat diberikan sebagai alternatif jika bayi memiliki alergi terhadap laktosa atau susu formula (yang dibuat dari susu sapi). Aturan pemakaian susu soya pada bayi dapat Anda baca pada artikel ini:

    Memberi Susu Soya Untuk Bayi, Ini Faktanya

     

    Selanjutnya mengenai pertumbuhan gigi bayi, gigi pertama umunya mulai tumbuh di usia 5-10 bulan. Jika gigi pertama belum juga tumbuh hingga mencapai usia 18 bulan, anak Anda garus dibawa ke dokter agar diperiksa rongga mulutnya. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan gigi pertama (baik sudah maupun belum tumbuh) ke dokter ketika bayi Anda genap berusia 1 tahun.

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    dr. Nindi