Tanya Dokter

  • Sakit dada saat menelan sesuatu

  • halo dok,saya Nara.saya sudah beberapa hari belakangan merasakan sakit di dada seperti ada yang mendesaknya.Saya pertama kali merasakannya saat setelah saya minum obat untuk sakit gigi saya dok.Dan beberapa hari kemudian saya merasakannya sakit di dada saat menelan dan di susul dengan pilek dan gk enak badan.Tolong sarannya dan tolong jelaskan kenapa hal itu terjadi pada saya dok,Terimakasih.

    Dok..tolong sarannya..

    Halo Reynand, Apakah Anda mengonsumsi obat antibiotik atau antinyeri untuk mengatasi sakit gigi? Bila iya, kemungkinan keluhan nyeri dada yang Anda rasakan dikarenakan oleh efek samping obat. Beberapa jenis obat antibiotik dan antinyeri bisa menyebabkan peradangan pada dinding saluran kerongkongan (esofagus) oleh asam lambung. Kondisi ini dalam bahasa kedokteran disebut esofagitis. Gejala yang dialami oleh penderita esofagitis antara lain :

    • nyeri di ulu hati hingga rasa panas/ terbakar di dada
    • nyeri atau gatal di kerongkongan
    • mual-muntah
    Untuk mengurangi gejala yang timbul, sebaiknya Anda mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter atau aturan pakai yang tertera di kemasan. Di samping itu, hindari makanan yang bisa meningkatkan produksi asam lambung, seperti makanan asam, pedas, berlemak, juga hindari minuman berkafein, seperti kopi, teh,dan minuman bersoda. Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering (4-5 kali sehari) dan hindari berbaring setelah makan. Bila keluhan tidak kunjung hilang, temuilah dokter guna pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut Demikian, semoga bermanfaat dr. Lili