Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri persendian setelah alami penurunan sel darah

  •  Netta Yuliaa
    Anggota

    dok saya wanita berusia 23tahun sebelum.a saya demam tinggi pusing dan mual setelah saya berobat dan saya tes darah saya di nyatakan kekurangan sel darah putih menurun dan setelah saya berobat dan minum obat saya sembuh dan tiba2 kaki bagian lutut saya terasa sakit nyeri linu kalau di tekuk itu udh lama dan sekarang baru berasa bgt sakit nya tdk ada pembengkakan atau memar cuma terasa nyeri dan seperti mati rasa dok apa itu ngaruh sama sel darah putih dok trs apa yang harus saya lakukan apa kah boleh di urut?

    Halo Netta yang baik, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Sel darah putih atau leukosit adalah salah satu komponen sel darah selain sel darah merah (eritrosit) dan keping darah (trombosit). Sel ini berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia, khususnya dalam menghadapi mikrooganisme ataupun benda asing yang masuk di tubuh. Penurunan sel darah putih atau leukopenia bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Berikut beberapa di antaranya :

    • infeksi, khususnya pada hampir semua virus (termasuk influenza, campak, rubella, dengue, HIV, dan sebagainya) dan beberapa jenis bakteri (seperti tuberkulosis, tifus)
    • penyakit autoimun, seperti lupus, rheumatoid artritis yang mana sering kali melibatkan persendian dan menimbulkan nyeri
    • efek samping obat, seperti antibiotik tertentu yang menimbulkan kerusakan pada sel darah putih, kemoterapi, kortikosteroid
    • kekurangan vitamin, khususnya B12, zinc, folat, dan tembaga
    • penyakit yang terkait sumsum tulang
    • kanker, baik yang terjadi primer di sumsum tulang ataupun sekunder akibat penyebaran (metastasis) kanker lainnya

    Untuk memastikan apakah nyeri persendian Anda terkait dengan hasil pemeriksaan darah sebelumnya, sebaiknya berkonsultasi kembali ke dokter yang sebelumnya menangani Anda. Selain pemeriksaan fisik, dokter bisa menganjurkan pemeriksaan darah ulang untuk mengonfirmasi temuan sebelumnya. Dokter juga bisa menambahkan pemeriksaan serologi guna memastikan keberadaan antibodi tubuh terhadap virus ataupun bakteri tertentu. Selama menunggu pemeriksaan dokter, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk meringankan nyeri yang muncul, namun tetap dianjurkan menggunakan oba ini sesuai aturan pakai yang tertera di kemasannya.

    Semoga informasi ini bermanfaat ya

    dr. Lili