Tanya Dokter

  • bayi 7 bulan selalu Bab setelah minum susu formula

  • Selamat Dok.. Bayi saya berumur 7 blan setiap habis minum sufor lgsung Bab..ap karna habis saya ganti sufor gk cocok ya dok... Tp baby tetep aktiv,,gk rewel paling nangis krna ada ruam sedikit mgkin perih kena ee dan pipisnya Makasih dok..

    Halo Retno,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Bagaimanakah frekuensi BAB bayi Anda sebelum Anda mengganti susu formulanya? Bayi yang minum susu formula umumnya akan BAB sebanyak 3-5 kali sehari atau lebih sering. Bayi yang BAB setiap konsumsi susu formula pun masih terbilang wajar asalkan bayi Anda tidak memiliki gejala lain seperti demam, perut kembung, BAB berwarna merah atau hijau, tidak nafsu makan dan minum, atau berat badan menurun.

    Bayi yang tidak cocok dengan susu formula akan memiliki gejala:

    • munculnya ruam merah pada kulit atau mata, bibir, dan wajah membengkak
    • gangguan saluran pencernaan sakit perut, muntah, diare
    • gejala alergi lain seperti pilek, eksim, sulit bernapas, mengi

    Jika muncul tanda tidak cocok dengan susu formula karena alergi susu formula sepeti yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda mengganti susu formula yang Anda gunakan. Tetapi jika tidak ada tanda lainnya, Anda dapat meneruskan pemberikan susu formula. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis anak mengenai susu formula yang cocok bagi bayi Anda.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia