Tanya Dokter

  • Selalu menguap seperti orang mengantuk saat berada di tempat bersuhu dingin

  •  emily lafina
    Anggota

    Siang dok, nama saya emily usia 23th. saya mahasiswi sekaligus karyawan di perusahaan swasta. saya mau bertanya soal kondisi yang saya alami. setiap kali saya berada di sebuah tempat/ruangan contohnya ruangan ber-AC, di ruangan / tempat tak ber-AC namun suhunya begitu dingin, naik transportasi yang ber-AC/naik pesawat/naik kapal terkena angin laut, mendaki gunung, jogging / olahraga dipagi hari dengan hawa terasa dingin, merendam kaki/tangan/mandi dengan air dingin, saat mengendarai bermotor di saat musim hujan, saya selalu menguap beberapa kali seperti orang mengantuk dan disertai keluar bintik2 kecil seperti orang merinding, jari tangan dan kaki membiru kedinginan dan mengkerut seperti orang terlalu rama berendam padahal saya merasa kondisi saya masih fresh dan istrahat saya lumayan cukup namun sama sekali tidak merasa mengantuk karena kelelahan. saya pernah mengalami suatu kejadian ketika kegiatan kampus di daerah puncak jika suhu semakin dingin saya akan menguap tanpa henti sambil mengeluarkan air mata / seperti orang menangis serta mimisan dan akhirnya saya merasa kelelahan dan menangis karena terus menerus menguap. hingga akhirnya setiap kali berada di sebuah tempat/kendaraan dimana suhu atau hawa terasa dingin saya akan menggunakan masker dan jaket sepanjang hari. karena kondisi tersebut saya menjadi kurang percaya diri dan pernah ditolak bekerja di beberapa perusahaan karena ketika baik saat wawancara / telah bekerja saya selalu menggunakan masker dan jaket tebal saat masuk di dalam ruangan tersebut karena terasa begitu dingin. sehingga pimpinan maupun partner kerja merasa ill'feell dan sering menegur saya untuk tidak menggunakan masker dan jaket karena melanggar kode etik dalam berpakaian seragam kantor. bahkan saya pernah di bully dan di juluki "orang penyakitan" karena penampilan saya seperti itu. saya juga memiliki riwayat darah rendah menurut dokter saya terkena alergi hawa dingin atau sedang mengalami apa ya ? dan mohon saya diberi solusinya. saya sudah sering berobat dan mengkonsultasikan yang saya alami diatas namun banyak dokter yang bilang kalo kondisi saya normal-normal saja. terima kasih

    Selamat pagi Emily, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Untuk menjawab pertanyaan Anda, kami akan menguraikannya secara satu per satu. Dimulai dari menguap. Menguap adalah kegiatan yang wajar dilakukan oleh manusia. Bahkan kebanyakan hewan bertulang belakang menguap, seperti anjing, kucing, beruang, dan singa sebagai contohnya. Meski erat kaitannya dengan mengantuk, orang tetap bisa menguap meski tidak mengantuk. Hal ini yang mendasari munculnya hipotesis 'pendinginan otak' pada 2011 mengenai alasan manusia menguap.

    Saat Anda menguap, ada peregangan otot rahang yang meningkatkan aliran darah pada leher, wajah dan kepala. Helaan napas yang dalam saat menguap ini menyebabkan aliran darah yang turun dari otak dan tulang belakang, untuk kemudian didinginkan oleh udara dingin yang dihirup melalui mulut. Sehingga proses menguap ini kurang lebih dianalogikan seperti radiator yang berfungsi mendinginkan otak sehingga memperbaiki kerjanya. Karena itu, tentu saja ketika berada di udara dingin, seseorang akan menguap lebih sering. Hal ini juga sudah didukung oleh penelitian bahwa mayoritas orang lebih sering menguap ketika berada di udara dingin ketimbang berada di udara yang normal atau hangat.

    Lalu pertanyaan Anda berikutnya mungkin adalah bila itu adalah suatu hal yang normal, mengapa Anda lebih sering menguap ketimbang orang lain di lingkungan dengan suhu udara yang sama dinginnya.

    Keluhan keluar bintik-bintik pada kulit seperti merinding, tangan dan kaki membiru dan mengkerut adalah tanda yang merujuk pada kondisi normal orang kedinginan. Bintik tersebut berasal dari otot-otot kecil dibalik kulit yang menegang untuk menimbulkan kehangatan. Tangan dan kaki memiliki warnanya dari aliran darah, sehingga ketika membiru, hal ini berasal dari aliran darah yang lebih memfokuskan untuk menghangatkan organ vital saat seseorang kedinginan, dan berkurang alirannya ke ujung-ujung jari.

    Ini berarti tubuh Anda memang lebih mudah merasa kedinginan ketimbang orang kebanyakan, dan hal ini bisa disebabkan berbagai hal, seperti:

    • Masalah organ tiroid atau hipotiroid
    • Proporsi tubuh yang lebih kecil
    • Kadar hormon estrogen pada wanita
    • Lemak tubuh yang kurang atau kurus
    • Tidak rutin berolahraga
    • Kurang nutrisi
    • Telat makan
    • Stress, pencemas
    • Kurang tidur

     

    Adapun keluar air mata ketika menguap juga merupakan respon normal dan mimisan bisa terjadi ketika Anda berada di lingkungan dengan udara berkelembapan rendah serta dingin.

    Sehingga kesimpulannya, kemungkinan besar seringnya Anda menguap karena tubuh Anda menganggap udara sekitar terlalu dingin, dan tubuh Anda terlalu mudah menganggap udara sekitar terlalu dingin karena satu atau lebih faktor yang kami sebutkan diatas. Karena itu saran kami, cobalah perbaiki gaya hidup dengan makan lebih banyak, olahraga lebih sering, hindari stress dan asap rokok, selain daripada tetap kenakan pakaian tebal. Kemudian juga cobalah untuk lebih percaya diri dan jangan biarkan pengalaman buruk Anda dengan udara dingin membuat Anda lebih cemas ketika akan berhadapan dengan udara dingin karena ini akan memperburuk keadaan. Bila keluhan Anda masih juga menetap dan sebelumnya Anda belum pernah melakukan tes fungsi kelenjar tiroid, periksakan diri Anda pada dokter penyakit dalam untuk dicek fungsi kelenjar tiroid Anda. Sekian, semoga menjawab pertanyaan Anda.

    dr. Amadeo D. Basfiansa