Tanya Dokter

  • Apakah waktu untuk ovulasi bisa dipercepat?

  •  Anita Irawan
    Anggota

    Maaf Dok Saya Wanita Ber'usia 18 tahun, Saya Memiliki Siklus Haid 35 Hari, Ketika Saya Menggunakan Alat Uji Ovulasi Ternyata Ovulasi Terjadi Pada Hari Ke 23 Setelah Menstruasi, Yang Jdi Pertanyaan Saya Ketika Saya Mengalami Menstruasi berikut nya apakah Bisa Ovulasi Terjadi dengan cepat misalnya di Hari Ke 14 bila Saya mengonsumsi Suplemen penyubur/Suplemen Yg merangsang pematangan sell telur??

    Hai Anita,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Menentukan kapan terjadinya ovulasi sesungguhnya tidak bisa dilakukan dengan cara singkat, yakni dengan mengetahui berapa lama siklus menstruasi Anda, terlebih bila sebelumnya Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak beraturan. Alat pendeteksi ovulasi yang banyak beredar di pasaran pun memiliki sensitifitas yang beragam, sehingga tidak bisa dijadikan patokan tunggal dalam penentuan ovulasi.

    Secara umum, pada orang dengan siklus menstruasi yang normal (21 hingga 35 hari) dan teratur (selalu sama setiap bulannya), ovulasi (pecahnya sel telur yang telah matang dari ovarium) akan terjadi sekitar 14 hari sebelum hari prakiraan menstruasi berikutnya. Jadi, bila selama ini menstruasi Anda selalu berjalan teratur setiap 35 hari sekali, maka ovulasi akan terjadi pada hari ke 21 setelah hari pertama menstruasi terakhir Anda.

    Lantas, bisakah waktu ovulasi ini berubah, misalnya dipercepat? Tentu bisa. Hal ini dimungkinkan apabila siklus menstruasi Anda menjadi lebih pendek. Anda bisa megkonsultasikan langsung hal ini dengan dokter spesialis kandungan Anda. Umumnya, dengan merekam jadwal menstruasi Anda selama beberapa bulan terakhir, disesuaikan dengan terapi penyubur yang sedang Anda jalani, dokter dapat merekomendasikan pada Anda kapan waktu-waktu terbaik bagi Anda dan pasangan untuk melakukan hubungan seksual supaya menghasilkan kehamilan.

    Tentunya, upaya ini perlu juga diimbangi dengan pola hidup yang sehat supaya kesuburan Anda maupun pasangan lebih terjaga. Anda dan pasangan sebaiknya memperbanyak waktu istirahat Anda. Perhatikan juga makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Guna meningkatkan kesuburan, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya asam folat, vitamin C, dan juga vitamin E. Hindari kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, atau juga menggunakan narkoba. Perbanyak minum, perbanyak olahraga, dan biasakan untuk menjauhi stres yang berlebihan.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah