Tanya Dokter

  • Amankah urut perut saat hamil 4 bulan?

  • Selamat siang dokter,,, saya saat ini hamil 18 minggu,dari awal kehamilan sampai sekarang saya masih sering buang air kecil,terutama saat malam hari wajar kah hal seperti ini terjadi dok? Bahaya kah untuk janin jika bagian perut saya di urut oleh dukun bayi yg sudah pengalaman dan sudah lama dalam bidang ny,,, istilah jawa ny di "gelang" untuk membetulkan posisi janin agar tidak terlalu berada di bawah???
    Khoerunnisa Putri Sajidin  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Khoerunnisa,

    Ketika hamil, terutama trimester 1 dan 3, ibu hamil cenderung lebih sering buang air kecil. Hal tersebut disebabkan karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang semakin membesar. Ketika hamil juga terdapat perubahan hormonal yang membuat kandung kemih lebih cepat penuh. Kondisi seperti ini masih dalam batas normal dan tidak perlu penanganan khusus.

    Namun sering buang air kecil yang disertai dengan keluhan lain seperti nyeri BAK, urin panas, keruh, berbau menyengat, atau demam, bisa mengindikasikan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, diabetes gestasional, dan uterus fibroid. Untuk memastikan kondisi ini dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

    • Jangan menahan keinginan buang air kecil
    • Condongkan tubuh ke arah depan ketika BAK supaya kandung kemih benar-benar kosong saat BAK
    • Perbanyak minum air putih saat pagi-sore hari agar tidak dehidrasi
    • Batasi minum air putih ketika 1-2 jam sebelum tidur
    • Kurangi konsumsi teh, kopi, dan soda
    • Lakukan senam kegel

    Apabila Anda merasa terganggu atau mengalami keluhan lainnya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan dengan USG, tes urin, dan tes darah bila perlu untuk mengetahui adakah penyakit lain yang menyebabkan sering BAK. Apabila diperlukan Anda akan diberikan penanganan yang tepat dan aman.

    Terkait dengan pijatan, sebaiknya Anda tidak melakukan pemijatan di daerah perut ya. Jika ingin menjalani pemijatan saat hamil, sebaiknya Anda dipijat oleh terapis profesional yang memiliki sertifikat khusus. Pemijatan perut saat hamil beresiko menyebabkan gangguan pada rahim dan janin.

    Posisi janin tidak perlu "dibenarkan" pada usia kehamilan awal. Memang saat awal hamil posisi rahim masih ada di bawah sehingga janin juga pasti ada di bawah. Nantinya posisi rahim akan semakin membesar dan janin bergerak ke atas dengan sendirinya mengikuti puncak rahim seiring berjalannya waktu.

    Manuver memperbaiki posisi janin dari luar perut hanya dilakukan oleh dokter kandungan apabila terpaksa dan dilakukan dengan sangat hati-hati, misalnya pada kasus janin sungsang, tindakan ini dilakukan pada kehamilan di atas usia 37 minggu.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Trik mudah mengatasi sering pipis saat hamil
    BAK terus saat hamil

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y