Tanya Dokter

  • Penyebab sering keluar madzi

  •  Tama Riz
    Anggota
    Dok,knp akhir" ini kemaluan sy sering mengeluarkan madzi yaa setetes"... Kira" permasalahanya apa ya? Trmksh
    Tama Riz  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Tama,

    Keluarnya cairan pada kemaluan sendiri dikenal dengan beragam istilah dan pengertiannya masing-masing seperti mani, madzi, wadi dan lainnya. Keluarnya cairan bening pada kemaluan sendiri dapat timbul apabila seseorang mengalami rangsangan seksual, faktor psikologis seperti cemas, depresi, ataupun kondisi lain seperti sering melakukan masturbasi, kelemahan pada sfingter atau katup pada kelamin, infeksi dan lainnya.

    Jika keluarnya cairan pada kelamin disertai rasa nyeri perut, caran putih kental seperti susu atau nanah, nyeri saat berkemih, nyeri pada ujung lubang kemaluan maka perlu diwaspadai adanya infeksi terlebih jika sebelumnya melakukan hubungan seksual. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter ahli kulit dan kelamin agar diketahui penyebabnya dan dilakukan penanganan yang sesuai. Pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan urine dan sampel duh tubuh juga dapat dilakukan untuk memastikan penyebabnya.

    Hindari stres, hindari rangsangan seksual seperti pikiran tertentu ataupun membaca, menonton sesuatu yang dapat merangsang pikiran, minum air dengan cukup, rajin berolahraga dan hindari kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.