Tanya Dokter

  • penyebab sering merasa lelah dan sesak napas

  • Assalamualaikum, salam sejahtera buat kita semua. Mau nanya dong dok kenapa saya kadang cepat merasa lelah dan nafas sedikit sesak, bahkan bila habis berlari terkadang tulang kering saya merasa sakit ngilu

    Dery Pratama Putra  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Rasa cepat lelah dapat disebabkan karena berbagai penyebab. Rasa cepat lelah disertai dengan sesak nafas mungkin dapat disebabkan karena suatu gangguan fungsi jantung atau gagal jantung.

    Gagal jantung merupakan suatu keadaan dimana jantung tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Gagal jantung merupakan suatu keadaan yang dapat disebabkan karena berbagai penyebab seperti penyakit jantung koroner, penyakit katup, kelainan bawaan, tekanan darah tinggi, hingga cardiomyopathy. Penyakit katup, kelainan bawaan pada jantung dan juga cardiomyopathy cukup sering  terjadi pada usia muda. 

    Gagal jantung dapat menyebabkan gejala seperti rasa mudah lelah ketika aktifitas, lemah pada anggota tubuh, badan lemas, terasa pusing melayang, dan dapat disertai dengan rasa sesak nafas. Jika keadaan yang anda alami memang disebabkan karena gagal jantung maka hal tersebut harus melakukan pengobatan oleh dokter spesialis jantung.

    tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • tifus
    • anemia/ kurang sel darah merah
    • infeksi paru
    • bronkitis kronis
    • GERD/ penyakit asam lambung

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan yang anda alami, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, EKG, rontgen, atau MRI jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda tidak merokok. konsumsi cukup buah dan sayuran. istirahat cukup dan olahraga rutin. hindari konsumsi makanan cepat saji.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai gagal jantung

    semoga bermanfaat. terimakasih

    dr. danny