Tanya Dokter

  • Sering mual dan kurang nafsu makan

  • Selamat malam dok, sudah 2 hari saya mengalami demam dan pusing. lalu kemaren sudah berobat ke puskesmas dan di diagnosa gejala tipes oleh dokter disitu. diberi 3 jenis obat: omephrazole, imunos, paracetamol, tapi setelah saya minum justru sering mual dan "enek" untuk menelan makanan. Apakah itu efek samping dri obat atau bukan ya dok? Terima kasih

    Halo,   Bisa saja rasa mual yang Anda alami diakibatkan dari efek salaah satu obat atau akibat dari gejala sakit yang Anda rasakan. Omeprazol adalah obat PPI (proton pump inhibitor) yang berfungsi mengurangi asam lambung pada penderita maag dan GERD. Sementara Paracetamol adalah pereda nyeri dan demam yang bisa sedikit menimbulkan keluhan mual. Dan Imunos adalah salah satu obat herbal yang berfungsi untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh yang bisa menimbulkan efek mual. Sebaiknya Anda memeriksakan diri kembali ke dokter yang merawat Anda untuk melanjutkan pengobatan. Rasa mual bisa diakibatkan karena banyak hal diantaranya adalah :

    1. Efek obat obatan.
    2. Infeksi usus = thypoid, maag, GERD,
    3. Hormonal = hamil muda
    4. Mabuk perjalanan.
    5. Keracunan makanan
    6. Vertigo.
    7. Hepatitis dan penyakit hati lainnya.
    8. Penyakit ginjal.
    9. Paska kemoterapi.
    10. dll
    Maka dari itu periksakan diri Anda secara seksama agar Anda memperoleh pengobatan yang sesuai. Untuk mengurangi mual Anda bisa melakukan beberapa tips yaitu :
    1. Makan porsi kecil
    2. Hindari bau bauan tertentu
    3. Minum air jahe.
    4. Banyak minum air putih
    5. Minum obat pereda mual = domperidon, ondansentron dll.
    6. Hindari kopi, teh, alkohol dan makanan yang terlalu asam.
    Baca topik Mual karena tiphoid. Semoga membantu.   dr. Yusi