Tanya Dokter

  • Dada terasa sesak disertai kejang

  •  Adhiyat Anji
    Anggota

    assalamualaikum dok. saya mau tanya hari ini tepat nya pass malem jam 12:00 saya kebelet kencing trus saya ke kamar mandi untuk kencing.pas kencing dada serasa sesak buat napas lalu sampe jatuh kelantai kamar mandi dan kejang beberapa menit tapi posisi saya masih sadar namun lemes gak bisa apa apa. lalu habis itu sadar langsung bangun dan kekamar tidur lanjut tidur. pas tidur waktu kaya mau merem dan tidur pulas kaya mau berhenti napas. jadi bangun lagi sampe pagi. kira kira apa ya dok penyebab nya trus penanganannya gimana ya ? terima kasih

    Halo Adhiyat,

    Terima kasih sudah bertanya di Alodokter. Apakah yang Anda maksud dengan kejang? Seseorang yang mengalami kejang pada umumnya akan kehilangan kesadaran. Apakah mungkin yang Anda maksud adalah ketegangan otot?

    Sesak napas dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan yang memerlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Beberapa kondisi kesehatan berikut dapat menyebabkan sesak napas:

    Untuk mengetahui apa yang terjadi pada Anda, Anda harus memeriksakan diri ke dokter karena tanpa pemeriksaan dokter tidak mungkin mengetahui penyebab pastinya. Dokter perlu bertanya pada Anda mengenai keluhan Anda dan kemudian memeriksa fisik Anda.Bila perlu dokter juga akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut misalnya pemeriksaan darah, pemeriksaan dahak, foto rontgen, dan lainnya. Penanganan selanjutnya tergantung pada hasil pemeriksaan dokter ini.

    Anda dapat mencoba melakukan anjuran berikut:

    • hindari makan dalam porsi besar, sebaiknya Anda makan dalam porsi lebih kecil tetapi lebih sering
    • hindari berbaring setelah makan
    • sebaiknya Anda makan malam 3-4 jam sebelum tidur malam
    • cobalah tidur dengan bantal yang lebih tinggi
    • hindari merokok

    Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

    Dr. Aloisia