Tanya Dokter

  • penyebab sesak napas disaat menangis

  •  Indah
    Anggota

    Dok saya mau tanya,kenapa ya setiap saya menangis terlalu sedih atau ngebatin,saya sesak napas disaat menangis itu dan kadang saya panas tinggi.Kira kira itu kenapa ya dok?

    Halo Indah,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Emosi jiwas seseorang dapat mempengaruhi pola pernapasa seseorang. Seseorang yang mengalami emosi yang negatif, seperti marah, sedih, kecewa, atau ketakutan, dapat mengalami perubahan pola pernapasan yang menjadi dangkal dan cepat sehingga terasa seperti sesak napas. Hal ini merupakan hal yang wajar. Jika Anda sedang mengalami emosi yang negatif dan merasa sesak napas, silakan Anda coba mengatur pernapasan Anda dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskan perlahan-lahan. Lakukan hal ini beberapa kali hingga pernapasan Anda kembali normal.

    Selain demam, apakah Anda mengalami keluhan lainnya? Demam didefinisikan sebagai suhu tubuh yang mencapai di atas 37,5 deraja Selsius. Keluhan ini dapat disertai dengan keluhan lain seperti sakit tenggorokan, batuk, pilek, sakit telinga, sakit kepala, nyeri otot, muntah, sakit perut, diare, dan lainnya. Pada umumnya, demam berkaitan dengan adanya infeksi di dalam tubuh. Beberapa kondisi kesehatan dapat memiliki gejala demam di antaranya flu, sinusitis, infeksi telinga, pneumonia, tuberkulosis, demam berdarah, tifus, dan lainnya.

    Anda dapat mengkonsumi parasetamol jika mengalami demam, Lakukan pengukuran suhu tubuh dengan termometer secara berkala, jangan mengandalkan perabaan tangan. Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan jagalah kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengkonsumsi air putih.

    Jika keluhan sudah berlangsung selama beberapa hari dan tidak kunjung membaik, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter perlu bertanya lebih lanjut tentang keluhan Anda kemudian melakukan pemeriksaan fisik pada Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Penanganan selanjutnya tergantung pada kondisi kesehatan yang menyebabkan keluhan Anda.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia