Tanya Dokter

  • Linglung setelah demam, Normalkah ?

  •  Trivosa Ivo
    Anggota
    Selamat sore dok, saya mau bertanya sayakan habis demam tapi kalau jalan masih seperti terasa linglung atau masih seperti kebingungan apa itu wajar dok? Dan bagaimana cara mengatasinya?

    Selamat sore, terima kasih telah bertanya di Alodokter. Demam merupakan salah satu tanda yang diberikan tubuh bahwa sedang ada infeksi yang berjalan, bisa diakibatkan oleh bakteri, maupun oleh virus. Kenaikan suhu tubuh itu sendiri berfungsi untuk menghentikan laju pertumbuhan organisme penginfeksi tersebut.

    Sehingga gejala lain selain demam, seperti pusing, nyeri otot, mual, muntah, diare, linglung dan lain semacamnya, sebenarnya merupakan gejala yang muncul sebagai respon tubuh terhadap infeksi itu sendiri, bukan dari demamnya. 

    Pada kasus Anda, ketika setelah demam Anda masih merasa linglung atau bingung, ada kemungkinan Anda masih belum pulih secara sempurna, meskipun demamnya telah hilang. Saran kami tetap lah beristirahat dan kurangi aktifitas selama 1-2 hari lagi, banyak minum air dan konsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayur dan buah.  Pada tahap ini Anda juga boleh mengonsumsi vitamin dan obat-obatan penambah daya tahan tubuh lain.

    Namun jika gejala yang Anda rasakan menetap setelah 3-5 hari, maka kemungkinan ada kondisi lain yang memerlukan perhatian lebih. Maka bila begitu sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih mendalam. Semoga Anda lekas sembuh.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Amadeo D. Basfiansa