Tanya Dokter

  • Mengatasi bekas kehitaman di wajah setelah facial

  •  Rizainafhsyr
    Anggota

    Assalamualaikum dok, saya mau tanya kan kemarin saya habis facial, nah sekarang bekas di pencet2 nya itu hitam. Apa boleh pake acnes yg untuk menghilangkan bekas jerawat ?

    Halo Riza yang baik, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Acnes adalah salah satu merk dagang dari gel yang diperuntukan mengatasi jerawat dan peradangan yang menyertainya. Obat ini tidak diperuntukan mengatasi bekas jerawat yang mengalami hiperpigmentasi, yaitu bercak kehitaman di wajah yang umumnya muncul setelah peradangan teratasi. Kemunculan bercak ini disebabkan oleh penumpukan zat melanin, yaitu pigmen pemberi warna di kulit, khususnya setelah kulit mengalami peradangan.

    Sebenarnya bercak kehitaman akan memudar dengan sendirinya seiring pergantian kulit yang terjadi setiap bulan. Namun, untuk menghilang sepenuhnya membutuhkan waktu yang tidak instan. Bila Anda merasa terganggu dengan kehadiran bercak kehitaman ini, ada baiknya berkonsultasi ke dokter spseialis kulit. Sebagian besar permasalahan kulit ini akan diobati dengan pemberian pelembab yang mengandung vitamin C dan asam kojik, disertai perawatan kulit tertentu, seperti laser atau chemical peeling

    Sambil menunggu penanganan dokter, berikut anjuran mencegah sekaligu mengatasi jerawat :

    • hindari menggaruk ataupun memencet kulit yang meradang, termasuk jerawat
    • hindari paparan langsung dari sinar matahari
    • gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar rumah

    Semoga informasi ini bermanfaat ya

    dr. Lili