Tanya Dokter

  • keluar darah saat berhubungan intim setelah pap smear

  •  Nengg Desoyy
    Anggota
    Selamat pagi dok, tgl 12-02-2017 kemarin saya melakukan pap smear. Di lab. Kanker Indonesia. Kata dokternya saya jgn berhubungan dulu selama 3 hari. Dan saya sdh mengikutin saran dokter. Dan sabtu kmrin saya main dgn suami saya, tiba" keluar darah iya dok. Pas main ke dua darah tersebut sdh berhenti, Itu di sebabkan knp iya dok.?

    Hallo Neng

    Darah yang keluar saat hubungan intim bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal, terlebih hasil pap-smear pun belum diketahui hasilnya apa. Adanya darah saat hubungan intim sering dikaitkan dengan adanya kanker serviks, sebenarnya tidak salah juga sih pernyataan tersebut mengingat salah satu gejala kanker serviks adalah timbul darah yang keluar dari vagina saat hubungan initm. Namun Neng jangan khawatir berlebihan karena beberapa kondisi lain juga bisa menyebabkan hal yang sama, seperti misalnya karena gesekan yang terjadi saat hubungan intim, akibat kurang pelumas atau karena hubungan dilakukan dengan cara yang kasar, kemudian adanya polip di rahim (polip ini jaringan abnormal namun bukan kanker yaa), dan ektropion serviks (erosi pada permukaan dinding leher rahim) juga menjadi pertimbangan.

    Neng disarankan untuk kontrol kembali ke dokter kandungan supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, karena informasi dari keluhan saja belum cukup bagi dokter untuk menentukan sumber masalah tersebut. Oh iya saran untuk Neng adalah menunda hubungan intim dahulu sampai hasil PAP smear dinyatakan baik, kemudian setelah itu coba lakukan foreplay terlebih dahulu saat berhubungan intim agar lubrikasi alami tubuh bisa lebih banyak diproduksi atau menggunakan lubrikan untuk mengurangi gesekan, dan hindari melakukan hubungan intim secara kasar.

    Demikian informasi yang dapa disampaikan

    dr. Arnold